nusabali

Cuaca Ekstrem, Bencana Terjadi di Tujuh Titik

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-bencana-terjadi-di-tujuh-titik

MANGUPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan bencana terjadi di beberapa titik di Badung.

Dalam catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, ada tujuh kejadian yang ditangani, Minggu (26/2). Syukur bencana yang terjadi tidak menimbulkan jatuhnya korban jiwa, namun hanya kerugian materi.

Kalaksa BPBD Badung I Wayan Darma, mengatakan cuaca ekstrem seperti hujan deras yang disertai angin kencang sepanjang Minggu kemarin di Badung mengakibatkan bencana terjadi di beberapa titik. Dikatakan, bencana yang terjadi mulai dari pohon tumbang, jalan jebol hingga tembok rumah roboh.

Menurut Darma, ada tujuh laporan kejadian yang diterima, di mana lima laporan terjadi di wilayah Kuta dan Kuta Selatan. Sementara dua kejadian terjadi di wilayah Petang dan Abiansemal. “Untuk di Kuta Selatan ada empat kejadian dan Kuta satu kejadian. Kalau di wilayah Abiansemal dan Petang masing-masing satu kejadian,” jelasnya, Senin (27/2).

Darma mengatakan, untuk di Kuta Selatan dan Kuta, akibat cuaca ekstrem mengakibatkan pohon tumbang yang menutup jalan, sehingga sempat mengganggu pengguna jalan. Kemudian, di Petang berupa tembok rumah warga roboh. Sementara di Abiansemal, terjadi jalan jebol.

Syukutnya dari kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 100 juta. “Di Kuta Selatan, tigga kejadian di daerah Ungasan dan satunya di Benoa. Kemudian di wilayah Kuta yakni di daerah Seminyak. Sementara, di Petang tepatnya di daerah Carangsari dan di wilayah Abiansemal tepatnya terjadi di daerah Darmasaba,” rinci mantan Camat Petang ini.

Darma memastikan penanganan kebencanaan sudah dilakukan. Misalnya akses jalan yang sebelumnya tertutup pohon yang tumbang sudah bisa dilalui kendaraan kembali.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan memperhatikan kondisi sekitar saat beraktivitas. “Perlu diperhatikan kondisi pohon, tiang listrik dan lainnya saat beraktivitas di luar rumah, ini demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” imbau Darma sembari seraya berharap peran serta masyarakat menginformasikan sesegera mungkin ke BPBD jika terjadi bencana, sehingga bisa langsung ditangani. *dar

Komentar