nusabali

DTIK Festival Kembali Digelar, Suguhkan Pameran Inovasi Digital

  • www.nusabali.com-dtik-festival-kembali-digelar-suguhkan-pameran-inovasi-digital

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020 silam, DTIK (Denpasar Teknologi Informasi dan Komunikasi) Festival kembali digelar pada Senin (27/2/2023).

Dharmanegara Alaya (DNA) didapuk sebagai lokasi gelaran DTIK Festival 2023 yang akan berlangsung hingga Rabu (1/3/2023) mendatang.

Mengusung tema ‘Growth Digital Creativity and Collaboration’ gelaran ini akan diisi oleh beragam kegiatan seperti Lomba Foto Twibbon, Lomba Rally Foto, Lomba E-Sport, Lomba Foto Moment DTIK Festival 2023, Lomba KIMMDA yakni lomba video yang menonjolkan potensi unggulan di masing-masing wilayah desa atau kelurahan, serta Lomba Video Kreatif soal edukasi atau literasi teknologi dan informasi oleh masyarakat umum.

Tak hanya itu dibarengi pula dengan kegiatan seminar untuk masyarakat umum, workshop dari Relawat TIK Bali, Workshop Koding untuk anak SD dan SMP oleh Koding Akademi, dan Seminar digitalisasi ogoh-ogoh.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik, Ida Bagus Alit Adhi menerangkan DTIK Festival 2023 merupakan gelaran kali ke-8 yang sebelumnya tertunda akibat pandemi. Ia turut menuturkan gelaran ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi startup, komunitas hingga perguruan tinggi untuk dapat mengenalkan produk atau layanan teknologi yang dimiliki.

“Selain itu tujuannya untuk memeriahkan HUT Kota Denpasar ke-235 serta mengenalkan  pemanfaatan teknologi oleh pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ujar Alit Adhi saat ditemui di sela-sela kegiatan pada Senin (27/2/2023) siang.

Lebih lanjut, Alit menjelaskan terdapat kurang lebih 25 Startup dan 9 perangkat daerah yang mengikuti gelaran Expo di DTIK Festival kali ini. Bahkan peserta pada lomba E-Sport kata dia saat ini sudah mencapai 50 orang peserta. Hal ini menandakan banyaknya warga yang berantusias pada gelaran DTIK Festival 2023.

“Tentu kami berharap masyarakat bisa datang ke sini dan kami berharap gelaran yang kami rancang tahun ini bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat terutama bagi anak muda yang ingin membangun kegiatan usaha melalui startup. Karena bagaimana pun masyarakat harus memahami pentingnya literasi digital,” harapnya.


Foto: Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik, Ida Bagus Alit Adhi memperlihatkan aplikasi Denpasar Prama Sewaka (DPS). -NGURAH EBI

Dalam kesempatan ini pula, kata Alit sekaligus dilakukan kegiatan peluncuran aplikasi Denpasar Prama Sewaka (DPS). Aplikasi ini diusung oleh pemerintah Kota Denpasar untuk mengintegrasikan seluruh layanan dan informasi unggulan di Kota Denpasar. Di dalam aplikasi tersebut jelas Alit terdapat informasi seputar pariwisata di Kota Denpasar termasuk hotel, restoran serta informasi pelayanan publik lainnya.

“Prinsipnya dalam satu genggaman ini bukan hanya milik pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar saja. Tetapi ini milik semua orang yakni orang luar Kota Denpasar. Aplikasi ini masih dalam proses, kami adalah wali data untuk Kominfo. Sedangkan perangkat daerah adalah produsen data. Jadi kami masih menyempurnakan berbagai hal terkait masalah data ini,” tegasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Inkubator Bisnis Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), Ida Bagus Ary Indra Iswara mengatakan pihaknya membawa Inovasi unggulan pada kegiatan DTIK Festival 2023 kali ini. Inovasi tersebut yakni SciYoga dan pengembangan 3D Prasasti Baturan hingga Virtual Tour Bersejarah.

“Tentu ini kali pertama kami mengikuti kegiatan di dalam ruangan seperti ini. Gelarannya keren, bagus dan peralatan kami semua aman. Antusias peserta juga lumayan bagus, akan tetapi perlu ada Improvisasi ke depannya,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, gelaran yang akan berlangsung sampai Rabu (1/3/2023) mendatang akan dimeriahkan dengan berbagai kuliner dan hiburan. Seperti Food Truck yakni berbagai macam kuliner yang disajikan di dalam mobil berlokasi di Jalan Majapahit. Lalu ada street music atau musik jalanan dan musik unplug yakni musik di selasar lantai 1 Dharmanegara Alaya untuk meramaikan pameran DTIK Festival 2023. *ris

Komentar