nusabali

Atlet SEA Games Wajib Siap Tempur

  • www.nusabali.com-atlet-sea-games-wajib-siap-tempur

JAKARTA, NusaBali
Chef de Mission (CdM) Kontingen SEA Games 2023 Lexyndo Hakim atau akrab disapa Lexy mewajibkan para atlet terpilih siap tempur.

Hal itu karena dekatnya jarak SEA Games Vietnam dan SEA Games Kamboja. SEAG Vietnam pada 12-23 Mei 2022, dan SEA Games Kamboja pada 5-17 Mei 2023, sehingga hanya berselang satu tahun.

"Hal itu berkaitan dengan performa para atlet. Untuk itu, saya berharap atlet menjaga peak performance-nya sampai di Kamboja," kata Lexy, dalam rilisnya Minggu (26/2).

Para atlet Indonesia yang turun di SEA Games masih dalam tahap review. Sebagai CdM, Lexy beberapa kali ikut diskusi dalam Tim Review dengan cabang olahraga. Tim Review sendiri menjalankan tugasnya mulai 20 Februari dan akan selesai pada 28 Februari. Panitia Penyelenggara SEA Games ke-32 Kamboja (Camsoc) pun telah memberikan batas akhir entry by name pada 5 Maret 2023 mendatang.

"Jadi terkait cabor apa yang akan berangkat dan siapa atlet yang akan diberangkatkan masih menunggu rekomendasi hasil tim review," kata Lexy.

Salah satu langkah yang CdM lakukan adalah membantu keadministrasian dan memastikan kebutuhan atlet terpenuhi selama berada di Kamboja. Dengan demikian atlet hanya fokus untuk bertanding.

Tim Review cabang olahraga SEA Games sendiri masih terus bekerja keras meramu kontingen terbaik yang akan dikirimkan ke Kamboja. Tim Review dipimpim Calvin Legawa dari Komisi Sport Development (KSD) Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Calvin dibantu Iman Sulaiman, Del asri, Peter Taslim dan Dildari sebagai anggota tim.

"Review cabang olahraga menuju multi event difungsikan untuk melihat persiapan atlet serta target cabang olahraga dalam menghadapi multi event," kata Peter Taslim

Dari hasil review multi event, kata Peter Taslim, KSD akan membuat rekomendasi mulai dari data prestasi atlet dan target medali kontingen serta menentukan jumlah atau team size Tim Indonesia untuk seluruh cabang olahraga yang akan diikut sertakan dalam SEA Games 2023.

"Dari tim cabor yang ikut SEA Games 2023, semua mengikuti anjuran kemenpora yaitu menyertakan 60 persen atlet muda dan 40 persen atlet senior yang masih berprestasi," kata Peter Taslim.  *k22

Komentar