nusabali

Demer: Atasi Pengangguran dengan Buka Peluang Usaha Baru

  • www.nusabali.com-demer-atasi-pengangguran-dengan-buka-peluang-usaha-baru

Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer akan mengatasi masalah pengangguran di Bali dengan mengarahkan para lulusan SMA/SMK atau universitas untuk membuka peluang usaha baru.

DENPASAR, NusaBali

"Para lulusan SMA/SMK maupun lulusan S1 ini nantinya sebagian besar akan mencari kerja, sedangkan jumlah lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah pencari sehingga menimbulkan masalah sosial baru yakni pengangguran," kata Demer saat melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMK Tri Atmajaya Badung, Jumat (2/6).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali jumlah angkatan kerja di Bali pada Februari 2017 mencapai 2.469.104 orang bertambah 86.638 orang dibanding angkatan kerja Februari 2016 (2.382.466 orang) atau bertambah 6.065 orang dibanding angkatan kerja Agustus 2016 (2.463.039 orang).

Jumlah penduduk yang bekerja di Bali pada Februari 2017 mencapai 2.437.494 orang yakni bertambah 105.430 orang dibandingkan bulan Februari 2016 (2.332.064 orang), atau bertambah 20.939 orang dibanding Agustus 2016 (2.416.555 orang). Untuk mengatasi hal itu, Demer yang juga mantan Ketua Kadin Bali mengarahkan para lulusan SMA/SMK maupun lulusan S1 itu mulai memikirkan peluang usaha baru.

"Jadi selain memikirkan untuk mencari pekerjaan sebaiknya para lulusan atau para pencari kerja ini mulai memikirkan peluang usaha baru," ujarnya. Menurut dia, dengan membuka peluang usaha secara tidak langsung akan mengatasi pengangguran dan membuka lapangan kerja baru, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Kepala Sekolah Tri Atmajaya Badung, Yuli Hermayati menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut.

"Kami merasa bangga karena ada putra terbaik Bali bisa berbagi ilmu dan menyapa siswa secara langsung," ujarnya. Pihaknya berharap para siswa nantinya bisa menyerap ilmunya dan bisa diterapkan pada jenjang yang lebih tinggi maupun di dunia kerja. Sementara itu, salah seorang siswa Yunita juga menyambut baik kegiatan tersebut karena bisa memberikan gambaran baru bagimana kondisi perekonomian Indonesia dan peluang usaha. "Semoga nantinya seminar ini bisa memberikan suatu gambaran baru bagi kami untuk menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha," ujarnya. *

Komentar