nusabali

Bank Sampah Dangin Puri Klod Bantu Dana Ibadah Nasabah

  • www.nusabali.com-bank-sampah-dangin-puri-klod-bantu-dana-ibadah-nasabah

DENPASAR, NusaBali.com – Bank sampah merupakan satu dari beberapa solusi problem sampah perkotaan yang tidak jarang bernilai cuan seperti Bank Sampah Bersih Lestari.

Bank sampah ini adalah kelolaan warga Desa Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur. Bank sampah ini memiliki ratusan nasabah yang peduli dengan keasrian lingkungan sekitar mereka.

Seperti pada Sabtu (25/2/2023) pagi, sejumlah warga menyatroni pelataran BUMDes Sadana Amertha. Warga mendatangi titik di kawasan Jalan Cok Agung Tresna itu untuk menimbang sampah yang sudah mereka pilah dari rumah.

Perbekel Desa Dangin Puri Klod, Made Sada menuturkan sebagian besar sampah produksi warganya berupa non organik. Sampah non organik itu didominasi material plastik seperti botol air kemasan, jeriken, keresek, dan ada pula kardus.

“Sampah yang ditimbang oleh warga ini nantinya bisa menjadi tabungan dan edukasi untuk giat memilah sampah,” terang Sada ketika dikonfirmasi pada Sabtu sore.

Inovasi yang diawali motivasi lingkungan dan edukasi ini menjadi berkah bagi nasabah Bank Sampah Bersih Lestari. Sebab, sampah itu menjadi cuan yang disimpan warga dalam bentuk tabungan.

Kata Sada, dari tabungan bank sampah ini, warganya bahkan bisa memenuhi kewajiban sebagai umat beragama. Ada yang sukses membiayai upacara yang dihelat selayaknya ritual panca yadnya kepercayaan umat Hindu di Bali.

Tidak hanya umat Hindu, seorang warga bernama Wagiman yang datang menimbang pada Sabtu pagi pun merasakan hal yang sama. Ia mengaku antusias memilah sampah untuk ditabung di Bank Sampah Lestari sebagai modal lebaran yang kurang dari dua bulan lagi.

“Untuk tabungan lebaran nanti. Sedikit demi sedikit dikumpulkan sambil menjaga lingkungan di sekitar,” tutur Wagiman.

Sementara itu, harga sampah plastik di pasaran memang tidak menentu. Sampah plastik jenis Polyethylene terephthalate (PET) seperti botol minuman kemasan biasnya dibanderol pada kisaran Rp 3.000 per kilogram.

Kemudian, untuk jenis Polystyrene (PS) seperti gelas plastik dijual seharga Rp 3.500 ke atas per kilogram. Di luar dua jenis plastik ini diperkirakan dijual lebih murah. *rat

Komentar