nusabali

Tembok Panyengker Rumah Jebol Sepanjang 6 Meter

  • www.nusabali.com-tembok-panyengker-rumah-jebol-sepanjang-6-meter

BANGLI, NusaBali
Tembok panyengker rumah I Wayan Arjana, 57, di Jalan Patih Jelantik Gang II Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli jebol, Kamis (23/2) sekitar pukul 17.30 Wita.

Panyengker jebol karena dinding penahan tanah (DPT) tidak kuat menahan beban. Panyengker rumah roboh sepanjang 6 meter dengan ketinggian hampir 2,5 meter. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 15 juta.  Kepala Pelaksana BPBD dan Damkar Bangli I Wayan Wardana mengatakan, material longsor sempat menutup akses jalan. BPBD melakukan pembersihan material longsor, Jumat (24/2). Evakuasi baru bisa dilaksanakan karena pertimbangan cuaca dan kondisi tanah yang masih labil.  Dinas PUPR Perkim Bangli menurunkan 1 unit wheel loader dan dam truk untuk memperlancar evakuasi material longsor. Petugas Damkar juga melakukan penyemprotan untuk membersihkan badan jalan. “Jalan yang tertutup material longsor pada posisi jalan menurun sehingga jalan jadi licin. Kami lakukan penyemprotan,” ungkap Wardana.

Akibat kejdian itu, pemilik rumah yang merupakan PNS di lingkungan Kodim 1626/Bangli ini mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta. Sementara Kabid Sarana dan Prasarana PUPR Perkim Bangli I Putu Agus Yuda Antara mengatakan, proses evakuasi dimulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita. Dari hasil penghitungan, material longsor yang diangkut sekitar 12 kubik. *esa

Komentar