nusabali

Senderan Panyengker Sanggah Jebol

  • www.nusabali.com-senderan-panyengker-sanggah-jebol

SEMARAPURA, NusaBali
Tembok panyengker dan 3 palinggih sanggah milik keluarga Ni Nengah Sini di Dusun Tabanan, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung jebol akibat diguyur hujan, Kamis (23/2) sore.

Kerugian material ditaksir mencapai Rp 40 juta. Anggota BPBD Klungkung bersama Polri/TNI dan masyarakat melakukan pembersihan material bangunan roboh, Jumat (24/2) pagi. Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, senderan jebol terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tembok panyengker sanggah jebol. “Kerusakan tembok panyengker dan senderan berukuran panjang 8,5 meter dengan tinggi 2,5 meter,” ujar Widiada. Tiga palinggih juga rusak, masing-masing gedong, limas sari, dan limas taksu. Widiada mengimbau warga yang melintas di areal lokasi agar berhati-hati karena berpotensi terjadi jebol susulan.

Selanjutnya anggota BPBD meninjau lokasi senderan jalan jebol di Jalan Raya Desa Bakas - Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Jalan jebol pada Kamis (23/2) sekitar pukul 15.00 Wita. “Senderan jalan dengan ukuran panjang 13 meter dan tinggi 7 meter mengalami jebol dengan kondisi rusak berat akibat hujan deras. Kerugian material sekitar Rp 100 juta,” ujar Widiada. Dari hasil assessment, perlu tindakan pencegahan sementara dengan menutupi bekas longsoran untuk menghindari jalan kembali amblas tergerus air. *wan

Komentar