nusabali

Urus Izin Usaha 260 Hari, RI Belum Bangun Iklim Ramah Investasi

  • www.nusabali.com-urus-izin-usaha-260-hari-ri-belum-bangun-iklim-ramah-investasi

JAKARTA, NusaBali
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia harus bisa membangun iklim ramah investasi.

Menurutnya salah satu kunci pertumbuhan ekonomi adalah masuknya investasi. Jokowi melanjutkan salah satu cara membuat iklim ramah investasi di Indonesia adalah dengan memperbaiki pengurusan perizinan.

Dia mengaku jengkel sampai saat ini urusan perizinan di Indonesia masih sangat panjang prosesnya, padahal seluruh negara di dunia saat ini sedang berebut investasi. Untuk itu dia meminta agar kepala daerah ikut mencari solusi dan terobosan baru agar proses perizinan bisa dipercepat.

"Semua negara saat ini berebutan yang namanya investasi, cek kembali, cek kembali mengenai kemudahan perizinan," ungkap Jokowi saat membuka Rakornas APPSI 2023, seperti dilansir detikcom, Kamis (23/2).

Dia menyinggung selama ini praktik perizinan usaha di Indonesia masih buruk, proses pengurusan perizinan bahkan harus memakan waktu lama hingga ratusan hari.

"Cek kembali karena dalam praktiknya kita masih lama. Masih berada di angka 260-an hari. Masih lama itu," ujar Jokowi.

Jokowi meminta kalau bisa urusan perizinan bisa dipercepat sampai hitungan jam, atau paling minimal dalam hitungan hari. Apalagi saat ini Indonesia mulai masuk ke era digitalisasi.

"Tadi masih lama, hitungannya harusnya jam saja selesai. Zaman digital seperti ini harusnya hitungan jam, jangan sampai berbulan-bulan. Paling lambat ya hitungan hari lah, tapi kalau bisa ya jam," kata Jokowi. *

Komentar