nusabali

Diterjang Puting Beliung, 8 Kandang Bebek Rusak

  • www.nusabali.com-diterjang-puting-beliung-8-kandang-bebek-rusak

SEMARAPURA, NusaBali
Angin puting beliung menerjang Dusun Lepang Kawan dan Dusun Lepang Kangin, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Kamis (23/2) sekitar pukul 14.30 Wita.

Akibatnya 8 gudang dan kandang bebek mengalami kerusakan. Kerugian meterial ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
I Wayan Bagiarta mengaku mengalami kerugian hingga Rp 160 juta. Dua kandang bebeknya di Dusun Lepag Kawan dan Dusun Lepang Kangin diterbangkan angin. Atas asbes lepas dan bangunan roboh. “Saya lagi istirahat di rumah, dapat informasi dari sepupu ada angin puting beliung. Saya baru mengecek ke kandang setelah reda,” kata Bagiarta. Selain mengalami kerugian material, bebek rawan stres. Setelah diterjang angin puting beliung, bebeknya juga diguyur hujan deras. Kondisi ini bisa menyebabkan penurunan produksi telur. Di kedua kandangnya terdapat 4.400 ekor bebek. “Jika penurunan produksi telur sangat signifikan, saya jual saja bebeknya,” kata Bagiarta.

Kapolsek Banjarangkan AKP I Wayan Sujana mengatakan, puting beliung diperkirakan terjadi sebelum hujan lebat yang mengguyur Dusun Lepang. Selain Bagiarta, juga ada beberapa pemilik gudang dan kandang bebek yang mengalami kerusakan. Masing-masing I Nyoman Wijana di Dusun Lepang Kawan mengalami kerugian sebesar Rp 25 juta. Atap kandang ukuran 17 meter x 21 meter rusak. I Kadek Budi di Dusun Lepang Kawan mengalami kerugian Rp 3 juta. I Gusti Made Wedagama di Dusun Lepang Kangin mengalami kerugian Rp 1 juta akibat 10 lembar asbes kandang bebek rusak. Kandang bebek milik I Nyoman Sulandra, I Wayan Suardana (Dusun Lepang Kangin), I Ketut Samo dan Mangku Wayan Ardana (Dusun Lepang Kawan) juga rusak.

Pasca menerima informasi kerusakan akibat puting beliung, AKP Sarjana bersama anggota langsung ke lokasi kejadian. Warga yang mengalami dampak angin puting beliung mengharapkan bantuan dari Pemkab Klungkung. Sekitar pukul 15.45 Wita, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi kejadian angin puting beliung dan melihat langsung beberapa kandang bebek yang roboh. Bupati menugaskan BPBD melakukan evakuasi dan mendata kerugian akibat bencana. *wan

Komentar