nusabali

Siswa dari Jakarta Belajar Seni dan Bisnis di Rumah Paros

  • www.nusabali.com-siswa-dari-jakarta-belajar-seni-dan-bisnis-di-rumah-paros

GIANYAR, NusaBali
Siswa SMA School of Universe Jakarta berkunjung ke Rumah Paros di Banjar Palak, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (22/2).

Para siswa datang untuk belajar mengelola bisnis dan galeri. Mereka melakukan kegiatan ‘Sobat Maestro’ untuk menambah wawasan bisnis langsung dari para praktisi sesuai minat masing-masing siswa.

Seniman yang juga pemilik Rumah Paros, Made Kaek, menyampaikan sejarah senirupa tradisi Bali hingga perkembangannya di ranah modern dan kontemporer. “Para siswa sangat antusias mengikuti penjelasan dan ingin tahu lebih jauh tentang proses kreatif seniman dalam berkarya, juga tentang wacana dan pasar,” kata Made Kaek seusai menerima para siswa.

Made Kaek juga melayani para siswa yang mengajaknya berdiskusi tentang kegiatan Rumah Paros yang memiliki galeri, residensi, dan berbagai kegiatan seni budaya. “Sebagai seniman, setiap hari saya berkarya dan menyisihkan waktu untuk mengembangkan galeri sebagai ruang pameran bagi semua seniman lintas bidang dan mengelola Rumah Paros yang menyediakan fasilitas untuk residensi seniman maupun wisatawan asing,” tuturnya.

Menurutnya, keingintahuan para siswa cukup tinggi dan sangat aktif bertanya tentang seni bisnis dan bisnis seni. Para siswa cukup melek teknologi informasi yang bakal menjadi bekal penting terjun ke dunia bisnis di era digital seperti sekarang ini. Guru pendamping, Siti Solihat, menjelaskan kegiatan ini merupakan Social Business Adventure Trip (Sobat) yang dilaksanakan Maestro School of Technopreneur. “Siswa bukan hanya melakukan kegiatan karyawisata, juga bertemu para maestro di Bali untuk menggali wawasan, informasi, dan ketrampilan yang dapat menunjang pengembangan bisnis siswa sesuai minatnya,” kata Siti Solihat.

Tujuan Sobat Maestro di antaranya membangun kemampuan bekerja sama dan semangat pantang menyerah pada diri siswa. Mengembangkan inisiatif dan kreativitas, menanamkan kesabaran dan keikhlasan untuk mencapai tujuan, menambah wawasan terkait pengelolaan bisnis secara langsung dan melatih jiwa kewirausahaan, kemampuan bersosialisasi, dan kemandirian ekonomi. Para siswa mengikuti kegiatan Sobat Maestro dari tanggal 19-25 Februari 2023 di Bali dan Jawa Timur. Learn from Maestro adalah konsep pembelajaran bisnis yang dikembangkan oleh konseptor Sekolah Alam, Lendo Novo (alm). Ssiswa dapat mempelajari bisnis secara langsung dan kontekstual dari praktisi ahli yang sudah berpengalaman sesuai bidang yang digeluti sang maestro. *nvi

Komentar