nusabali

Pesanan Kamar Hotel Meningkat

Menyongsong musim liburan yang puncaknya Juli–Agustus 2017, hunian kamar hotel mulai naik rata-rata hingga mencapai 60 persen, begitu juga pesanan kamar hotel meningkat.

AMLAPURA, NusaBali
Wisatawan manca negara yang memesan kamar hotel masih dominan dari Eropa, sebagai kecil dari Asia terutama Jepang, Taiwan, dan China. 

Para pelaku pariwisata berharap tren positif ini diimbangi dengan stabilitas keamanan, sehingga pertumbuhan industri pariwisata terus berkembang. Harapan itu diungkapkan Sekretaris PHRI Karangasem I Wayan Kariasa di Amlapura, Jumat (2/5).

Kariasa yang juga Manajer Hotel Ashyana Candidasa menambahkan, selama Mei 2017 hunian kamar hotel mencapai 50 persen. “Memasuki Juni 2017, mulai meningkat huniannya rata-rata 60 persen, terutama di hotel berbintang,” ujarnya.

Kariasa menyebutkan yang jadi patokan adalah hunian di 8 hotel berbintang yang ada di Karangasem yang tersebar di empat kecamatan, yakni, Manggis 4 hotel, Karangasem, Abang masing-masing satu hotel, dan di Kecamatan Kubu ada dua hotel berbintang. Selebihnya, 203 hotel non bintang dengan kapasitas 2.594 kamar.

Harapan Kariasa agar kunjungan di tahun 2017 meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab, kunjungan wisatawan asing di tahun lalu hanya mencapai 317.201 wisatawan, sedangkan wisatawan domestik mencapai 137.601 orang.

“Banyak wisatawan yang pesan hotel untuk Juni dan Juli, terutama wisatawan group. Ada juga wisatawan dari Australia yang datang, hanya yang usia lanjut,” tambahnya.

Di bagian lain pelaku pariwisata di Objek Wisata Padangbai I Ketut Smiley, mengakui kunjungan wisatawan asing mulai meningkat walau belum menginjak puncak musim liburan. “Setidaknya mulai kelihatan ada peningkatan, terutama yang datang ke Objek Wisata Padangbai hendak ke Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara,” ucapnya. *k16

Komentar