nusabali

PDAM Buleleng Buka 3.400 Sambungan Baru

  • www.nusabali.com-pdam-buleleng-buka-3400-sambungan-baru

SINGARAJA, NusaBali
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Hita Buleleng atau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Buleleng akan membuka 3.400 sambungan baru di tahun 2023 ini.

Pembukaan sambungan baru ini untuk menyalurkan kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan dasar, untuk ribuan rumah yang masih belum terlayani.


Direktur Utama Perumda Tirta Hita Buleleng, Made Lestariana menyampaikan 3.400 sambungan rumah (SR) baru. SR ini tersebar di seluruh kantor layanan Perumda Tirta Hita Buleleng. "Kebutuhan mendasar rumah tangga adalah air bersih, atas kajian terhadap sumber air yang kami kelola Perumda Tirta Hita Buleleng di tahun 2023 akan membuka sebanyak 3.400 sambungan rumah baru," ujarnya, Senin (21/2).

Lestariana membeberkan, pembukaan sambungan baru sebanyak 3.400 SR tersebar di cabang Singaraja sebanyak 1.366 SR, cabang Lovina 500 SR, cabang Busungbiu 200 SR, unit Pancasari 100 SR, cabang Kubutambahan  500 SR, cabang Gerokgak 84 SR, cabang Seririt  600 SR, dan unit Sambirenteng 50 SR.

"Idealnya dari sumber air yang kami kelola, konsumsi air per bulannya sebanyak 20 hingga 25 m3, namun konsumsi di masyarakat masih 17 m3, ini pertimbangan kami," ujar Lestariana.

Lestariana menjelaskan, sambungan baru rumah tangga perseorangan dengan rumah tangga perumahan beda. Sambungan di perumahan bersifat bisnis ada sharing biaya, sehingga tidak hanya melibatkan Perumda Tirta Hita saja, karena pengembang dalam penjualan unit rumah ada biaya sambungan air baru. Sedangkan untuk rumah tangga perseorangan invetasi murni dari Perumda Tirta Hita.

Kata Lestariana masyarakat yang ingin membuka sambungan baru cukup datang di kantor layanan PDAM Buleleng di seluruh Buleleng, dan mengisi form permohonan dengan membawa KTP. Pihak Perumda akan mensurvei dan membuat perencanaan teknik. Jika pelanggan menyetujui sambungan baru dan akan ada pemasangan dalam tiga hari. *mz

Komentar