nusabali

Jalan Rusak Rentan Hambat Transportasi Karya Ngusaba

  • www.nusabali.com-jalan-rusak-rentan-hambat-transportasi-karya-ngusaba

BANGLI, NusaBali
Ruas jalan di Kecamatan Kintamani, Bangli khusus jalan alternatif saat Karya Ngusaba di Pura Ulun Danu Batur, Kecamatan Kintamani, rusak.

Kondisi jalan ini dikhawatirkan akan menghambat transportasi serangkaian Karya Ngusaba di pura setempat.  Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto, saat dikonfirmasi, mengakui jalan itu nantinya akan dilalui pamedek ke Pura Ulun Danu Batur. Dari hasil pengecekan ke lokasi, ada dua ruas jalan rusak.  Ruas jalan dimaksud yakni jalur Kedewatan – Batur Kalanganyar dan Simpang Tiga Sekardadi - Simpang Tiga Bayung Gede, Kecamatan Kintamani. Kata, Wayan Lega,  kedua ruas jalan tersebut merupakan jalan provinsi.

"Karena kedua ruas jalan yang rusak tersebut adalah jalan provinsi, maka  perbaikan menjadi tanggungjawab provinsi. Atas kondisi jalan yang rusak tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi. Mudah-mudahan perbaikan jalan ini jadi skala prioritas,” jelasnya, Senin (20/2).

Jelas dia, Pemkab Bangli akan melakukan pelebaran ruas jalan Kintamani -  Belancan dan Pludu- Kalanganyar. Lebar jalan sebelumnya hanya 3,5 meter akan menjadi 4,5 meter. Dengan pelebaran jalan tersebut, maka ruas jalan tersebut bisa dilewati kendaraan dari dua arah. "Pelebaran jalan ini juga bisa mengurai kemacetan yang terjadi setiap Ngusaba di Pura Ulun Danu Batur. Ruas jalan tersebut nantinya bisa difungsikan untuk akses khusus pariwisata," ungkapnya.

Lanjutnya, nantinya jalan ini juga jalur tersebut untuk menunjang pariwisata Bangli. Bagi wisatawan diarahkan  masuk lewat Penelokan, Kintamani. Sementara untuk pengguna jalan ke arah Singaraja atau sebaliknya, bisa lewat akses jalan Kintamani- Belancan. "Pelebaran jalan ini dialokasikan anggaran Rp 6 miliar lebih. Proyek ini sudah tender oleh ULP Setda Bangli dan sudah ada penyedianya,” ujar pejabat asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini.*esa

Komentar