nusabali

Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Penaban

  • www.nusabali.com-tanah-longsor-tutup-akses-jalan-penaban

AMLAPURA, NusaBali
Tanah longsor terjadi di jalur  Lingkungan Penaban, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Jumat (17/2) pukul 17.20 Wita.

Akibatnya akses jalan lingkar rabat beton menuju Objek Wisata Museum Pustaka Lontar dan Pura Puseh tertutup. Kepala Lingkungan Penaban I Komang Sudiasa yang melaporkan musibah itu, ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem. Di bawah  koordinasi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Putu Eka Putra Tirtana, tim mengevakuasi material tanah longsor bersama masyarakat, Sabtu (18/2).  

Menurut Kepala Lingkungan Penaban I Komang Sudiasa, sebelumnya curah hujan  sangat lebat, dan kondisi tanah jadi lengket, sehingga agak menyulitkan mengevakuasi material tanah longsor tersebut. “Makanya sementara baru bisa membuat akses untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda motor,” jelas Sudiasa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik I Putu Eka Putra Tirtana juga mengatakan hal yang sama. “Memang sulit mengevakuasi material itu secara manual, karena struktur tanahnya lengket, bercampur air berubah jadi lumpur,” kata Eka Putra.

Selain tanahnya berubah jadi lumpur, juga disertai beberapa pohon tumbang, yang menyulitkan penanganan. Meski demikian, Eka Putra mengapresiasi semangat warga masyarakat Lingkungan Penaban bergotong royong menangani musibah itu. Syukurnya saat kejadian, tidak ada pengendara atau pejalan kaki melintas di tempat kejadian, sehingga terhindar dari korban jiwa. *k16

Komentar