nusabali

Drama ! Yunus Nusi Mundur, Menpora Wakil Ketua PSSI

  • www.nusabali.com-drama-yunus-nusi-mundur-menpora-wakil-ketua-pssi

JAKARTA, NusaBali
Drama terjadi dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, setelah PSSI mengumumkan Yunus Nusi mundur sebagai Wakil Ketua PSSI periode 2023-2027.

Padahal, Yunus baru terpilih sebagai Wakil Ketua PSSI bersama Ratu Tisha Destria dalam KLB di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

Yunus Nusi mendapatkan 53 suara dan sebagai Wakil Ketua PSSI 2. Sedangkan Ratu Tisha memperoleh 54 suara untuk menjadi Wakil Ketua PSSI 1. Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), RI, Zainudin Amali menerima 44 suara.

Hasil itu penghitungan ulang setelah terjadi dugaan manipulasi suara terhadap Ratu Tisha. Pada pemilihan pertama Wakil Ketua PSSI, Amali menjadi Wakil Ketua PSSI 1 dengan 66 suara dan Yunus Nusi sebagai Wakil Ketua PSSI 2 dengan 54 suara. Sedangkan Ratu Tisha tak terpilih karena meraih 41 suara.

"Update, Yunus Nusi mundur sebagai Wakil Ketua PSSI 2 dan Zainudin Amali naik menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 2," tulis PSSI.

Sebelumnya, Erick Thohir yang sudah dipercaya voters sebagai Ketua PSSI seusai meraup 64 suara, La Nyalla Mattalitti 22 suara, Arif Putra Wicaksono 0 suara, dan Doni Setiabudi 0 suara.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir mengaku tak tahu Yunus Nusi mundur usai terpilih menjadi Waketum PSSI.

"Ya, tadi kebetulan kan tadi saya izin shalat di atas. Terus saya dapat informasi bahwa FIFA minta pemilihan ulang, kalau tak salah. Saya rasa itu hak FIFA, bagaimana juga kita lapor ke FIFA," kata Erick.

Erick sendiri menambahkan, jika alasan FIFA meminta ulang pemilihan Erick juga tidak mengetahui karena dia baru mendapat laporan.

Sedangkan Ketua PSSI Mochamad Iriawan yang mendampingi Erick Thohir mengatakan, ada beberapa voters menyampaikan protes kepada Komite Pemilihan.  FIFA menyetujui tuntutan itu. *

Hasil KLB PSSI 2023
Ketua PSSI        : Erick Thohir
Wakil Ketua 1    : Ratu Tisha Destria
Wakil Ketua 2    : Zainudin Amali

Komentar