nusabali

Melongok Patung Budha Tidur di Vihara Dharma Giri Pupuan yang Jadi Destinasi Wisata

  • www.nusabali.com-melongok-patung-budha-tidur-di-vihara-dharma-giri-pupuan-yang-jadi-destinasi-wisata

TABANAN, NusaBali.com – Bukan hanya wisata alam, Bali juga memiliki destinasi Sleeping Budha atau patung Sang Budha Tidur berlokasi di Vihara Dharma Giri, Pupuan, Kabupaten Tabanan.

Jarak perjalanan dari Kota Denpasar menuju Vihara Dharma Giri ini memakan waktu sekitar 2 jam, sedangkan dari kota Tabanan sekitar 1 jam. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah karena akses jalan sudah sangat nyaman dan berada di jalan utama  Pupuan - Singaraja. 

Dalam vihara ini ada patung sang Budha yang duduk bersila dan ada pula patung ikonic dari vihara, yakni, Patung Budha Tidur dengan ukuran yang besar berwarna putih bersih.

Patung Budha Tidur ini diletakkan di atas anjungan kayu, tampilannya sangat mencolok. Yang membuat makin menarik dan menjadi favorit spot foto adalah latar belakang di balik patung Sleeping Budha yang sangat asri. 

Bagi wisatawan yang ingin foto-foto mendekat patung Budha tidur ini harus melepas alas kaki.

Karena memang tujuan utama vihara ini dibangun adalah sebagai tempat peribadahan bagi umat Budha, maka bangunan vihara memiliki ciri- ciri khas tersendiri seperti bangunan berbentuk stupa, pagoda, altar lonceng dan tentunya patung Sang Budha. 

Di kawasan Vihara Dharma Giri Pupuan juga terdapat juga patung Budha duduk di atas lingkaran badan ular dan bunga teratai, berpayung 7 buah kepala ular kobra.

 “Suasana sejuk, nyaman, bersih dan bagus,” kata Made Hendra, salah satu wisatawan asal Karangasem yang berada di lokasi ini pada Rabu (15/2/2023) siang.

Bukan hanya wisatawan lokal, sejumlagh wisatawan mancanegara juga menjadikan destinasi ini sebagai kunjungan wisata mereka. 

Pengunjung disarankan memakai celana panjang tertutup dan disediakan sarung/kamen. Untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut tiket masuk. Pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu dan sumbangan/dana punia seikhlasnya. *mo4


Berita ini merupakan hasil liputan Handika Adhi Putra, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com

Komentar