nusabali

Mahasiswa Universitas Warmadewa KKN-PPM di Desa Batuaji Tabanan

  • www.nusabali.com-mahasiswa-universitas-warmadewa-kkn-ppm-di-desa-batuaji-tabanan
  • www.nusabali.com-mahasiswa-universitas-warmadewa-kkn-ppm-di-desa-batuaji-tabanan
  • www.nusabali.com-mahasiswa-universitas-warmadewa-kkn-ppm-di-desa-batuaji-tabanan

TABANAN, NusaBali.com - Sebanyak 18 mahasiswa KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) Universitas Warmadewa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Batuaji, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. 

Desa Batuaji merupakan desa dengan potensi alam yang baik, tanah yang subur sangat mendukung potensi pertanian dan peternakan, serta alam yang indah juga sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi agro wisata. 

Selain pertanian dan peternakan, masyarakat Desa Batuaji juga memiliki kemampuan sebagai perajin yang turut mengangkat perekonomian Desa. 

Sebelum melaksanakan kegiatan KKN-PPM yang berlangsung selama satu bulan, para mahasiswa melakukan audiensi dan diterima oleh Sekretaris Desa Batuaji IGAP Wahyu Pradnyana SPdH MPd pada Rabu (1/2/2023).


Mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM Universitas Warmadewa untuk Desa Batuaji I Komang Putra SE MEc Dev.

Kegiatan KKN-PPM Universitas Warmadewa di Desa Batuaji dilaksanakan dengan mengangkat tema besar yaitu ‘Optimasi Potensi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Desa’. 

Tema yang diangkat mengandung makna besar dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dari unsur mikro masyarakat yaitu desa sehingga terwujudnya kesejahteraan keluarga dengan hidup sehat secara berkelanjutan. 

Ditemui saat survei awal bersama mahasiswa KKN-PPM, Sekretaris Desa Batuaji IGAP Wahyu Pradnyana berharap dengan berlangsungnya KKN-PPM Unwar di Desa Batuaji akan terbentuk simbiosis mutualisme antara dunia pendidikan melalui mahasiswa dan masyarakat desa, sehingga tercapai pembangunan sosial yang baik bagi mahasiswa maupun masyarakat Desa Batuaji.

Dari perspektif pendidikan, kegiatan KKN-PPM dinilai akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya dalam proses pembelajaran langsung dan menyerap ilmu dari masyarakat. 

“Belajar tidak hanya dari ruang kelas dan buku, belajar juga dapat melalui lingkungan sekitar,” kata dosen pendamping lapangan KKN-PPM Universitas Warmadewa untuk Desa Batuaji I Komang Putra. 

Berbekal pengetahuan yang dimiliki, para mahasiswa diminta harus percaya diri untuk dapat terjun langsung ke masyarakat dan melihat fenomena di lapangan serta yakin dapat berkontribusi dalam menguraikan masalah yang mungkin ditemui.

Selain program utama terkait ketahanan pangan, ke-18 mahasiswa KKN-PPM Universitas Warmadewa di Desa Batuaji akan menjalankan program-program pendukung lain yang berkaitan dengan edukasi pengelolaan sampah berbasis sumber secara sistematis menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah ke warga desa. 


Sementara itu terkait dengan dukungan terhadap perekonomian masyarakat pasca terdampak pandemi Covid-19,  dilaksanakan kegiatan penguatan ekonomi masyarakat melalui promosi usaha mikro yang dimiliki oleh Desa Batuaji.

Tak lupa dilakukan sosialisasi dengan menyasar sekolah dasar di lingkungan Desa Batuaji agar tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mempertahankan pola hidup sehat.

Koordinator Desa untuk mahasiswa KKN-PPM Unwar di Desa Batuaji, I Nyoman Tri Bayu Artha Wijaya menyatakan pula dukungan penguatan ketahanan pangan di Desa Batuaji yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN Unwar dengan penyerahan bantuan bibit tanaman kepada PKK Desa Batuaji yang selanjutnya dapat dibudidayakan menggunakan polybag di rumah rumah warga.

Komentar