nusabali

Pertamina IT Manggis Dukung Bulan Bahasa Bali V, Kolaborasi Bersama Forum Anak Desa Ulakan

  • www.nusabali.com-pertamina-it-manggis-dukung-bulan-bahasa-bali-v-kolaborasi-bersama-forum-anak-desa-ulakan

AMLAPURA, NusaBali.com – Tak mau ketinggalan dalam pelestarian bahasa  dan aksara Bali, Pertamina Integrated Terminal (IT) Manggis, Kabupaten Karangasem, bekerjasama dengan Forum Anak Desa Ulakan menggelar berbagai lomba menyambut Bulan Bahasa Bali V.

Kegiatan yang dilangsungkan Selasa (14/2/2023) di Wantilan Pura Puseh Desa Ulakan, Manggis, juga didukung Penyuluh Bahasa Bali Desa Ulakan.

Adapun jenis lomba dan pembinaan Bulan Bahasa Bali yang diadakan yakni Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD yang merupakan lomba menulis aksara Bali yang diikuti anak-anak tingkat SD.

Tulisan yang dilombakan merupakan bagian dari cerita fabel dengan tema lingkungan. Lomba Ngwacen Aksara di Lontar Tingkat Remaja yakni lomba membaca aksara Bali yang berada di media lontar.

Kalimat yang dibaca merupakan potongan-potongan kalimat berbahasa Bali. Lomba Masatua Bali Ibu-Ibu (krama istri) yakni lomba story telling cerita fabel yang merupakan cerita rakyat Bali.

Dalam kegiatan ini Forum Anak Desa Ulakan (FADU)  juga mengundang forum anak lainnya yakni FAD Kabupaten Gianyar, FAD Kabupatan Karangasem, dan FAD Provinsi Bali untuk mengajak membudayakan menulis aksara.

PT Pertamina IT Manggis menggandeng masyarakat Ulakan dalam satu payung program yang mengintegrasi kelompok wanita nelayan dan kelompok wanita tani guna mengembangkan aspek sosial ekonomi serta anak-anak mereka yang tergabung dalam forum anak untuk mengembangkan kegiatan adat istiadat, budaya dan lingkungan dalam bentuk program CSR bernama Jejaring Ulakan.

 “Program ini diusung sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Ini agenda rutin dan kita fasilitasi sehingga bisa tetap menjaga budaya lokal,” jelas Senior Supervisor HSSE Pertamina IT Manggis, Enggartiarso.

Kegiatan lomba ini sebagai upaya untuk mempertahankan budaya sekaligus wadah bagi generasi muda mengasah kemampuannya.

“Semoga  ke depannya bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” kata Kelian Desa Adat Ulakan, I Ketut Arsana.

Ia pun menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Bulan Bahasa Bali yang menjadi program Pemerintah Provinsi Bali untuk memberikan ruang untuk pelestarian serta menumbuhkembangkan aksara, sastra dan bahasa Bali di tengah masyarakat.

Sementara itu Ni Kadek Sri Wahyuni dari Forum Anak Desa Ulakan menambahkan, kegiatan yang dilakukan selain melestarikan budaya juga forum ini ikut ‘ngayah’ di desa saat ada upacara.

 “Kami juga mengkampanyekan tentang penanggulangan sampah,” jelas Kadek Sri Wahyuni.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut di antaranya Camat Manggis, BPD Ulakan, Kepala Desa Ulakan, Bendesa Adat Tanah Ampo, Bendesa adat Ulakan, Kepala SDN 1 Ulakan, Kepala SDN 2 Ulakan, Kepala SDN 3 Ulakan, Kepala SDN 4 Ulakan, Kepala SDN 5 Ulakan dan Pakis Ulakan.

Komentar