nusabali

Pipa PDAM Tabanan Bocor di 10 Titik

  • www.nusabali.com-pipa-pdam-tabanan-bocor-di-10-titik

Sebanyak 10 titik kebocoran ditemukan disebabkan pipa tua dan sarat beban, sehingga pipa itu pecah ataupun putus.

TABANAN, NusaBali

Meminimalisir komplain pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Amertha Bhuana (TAB) Tabanan lakukan uji step test deteksi dini kebocoran pipa. Sebagai langkah awal telah ditemukan 10 titik kebocoran pipa di seputaran Kota Tabanan.

Sepuluh titik hasil tes tersebut ada di kawasan kompleks Carik Padang, Desa Abiantiwung (2 titik), Koripan, Jalan Tendean, Jalan Krisna (selatan Kantor Bupati Tabanan), perumahan Ganesha. Lalu ada di seputaran Debes, Kukuh (Alas Kedaton) dan Bukit Sanggulan Indah (BSI).

Kebocoran saluran dari 10 titik itu sebagian besar karena pipanya bocor akibat sudah tua dan pipa pecah karena sarat tekanan, baik itu tekanan kendaraan maupun bangunan. Uji step test ini memang baru dilakukan secara maksimal di seputaran kota dan akan menyusul ke daerah lain.

Kepala Bagian Langganan  Made Sudiana dan Kasubag Humas Perumda TAB Tabanan Wayan Agus Suanjaya mengatakan, uji step test dilakukan sebagai upaya mendeteksi dini gangguan air ke pelanggan. Sistem uji step test ini adalah saluran air dialihkan ke saluran yang akan dilakukan uji tes sehingga ketemu pipa yang bocor.

"Awal Januari ini ditemukan 10 titik kebocoran dari hasil tes tersebut. Dan memang uji tes ini difokuskan pertama di kota karena rawan terjadi kebocoran sehingga bisa dideteksi dini," ungkap Sudiana, Senin (13/2).

Menurutnya 10 titik kebocoran ini banyak dijumpai karena pipa sudah tua dan sarat beban. Sehingga pipa itu pecah ataupun putus. "Menangani kebocoran ini, kami bergerak cepat. Begitu ditemukan bocor, penanganan dalam waktu 2 jam sudah selesai. Tidak sampai berlarut-larut," jelasnya.

Menurutnya uji tes yang dilakukan ini bisa menyelamatkan atau mengurangi komplain PDAM ke pelanggan. Karena sudah dilakukan sejak awal tak sampai mengganggu distribusi air. "Saat ini uji tes memang masih kami fokuskan di kota, namun dipastikan menyusul ke daerah lain. Rencana akan menyasar Pandak Gede, Kecamatan Kediri," terangnya.

Sementara di sisi lain, PDAM Tabanan sampai akhir Januari 2023 sudah mendapat sambungan baru sebanyak 59  dari target 1.425 sambungan. Target ini optimis didapat karena dari pantauan PDAM Tabanan usaha properti di Tabanan semakin menggeliat, utamanya di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Kerambitan. Dengan dipasangnya target tertinggi tersebut PDAM Tabanan menjamin tak sampai mempengaruhi kualitas dan debit air pelanggan. *des

Komentar