nusabali

Tempat Pendederan Watu Klotok Nihil Penyu

  • www.nusabali.com-tempat-pendederan-watu-klotok-nihil-penyu

SEMARAPURA, NusaBali
Tempat pendederan telur penyu di pesisir Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, nihil stok penyu dan telur sejak Agustus 2022 lalu.

Kolam berwarna biru yang biasanya terisi penyu kini tampak kosong dan kering. Selain dilepasliarkan ke laut, sejumlah warga kerap datang mencari penyu untuk kebutuhan upacara keagamaan.

Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok, Wayan Gede Suwibawa mengatakan, pelepasan tukik terakhir pada Agustus 2022 lalu. Setelah itu, tidak ada lagi telur penyu yang dikeram di lokasi pendederan. “Biasanya di bulan Maret banyak laporan penemuan telur penyu dan ada juga yang langsung membawanya ke sini untuk ditetaskan,” ujar Suwibawa, Senin (13/2).

Selama tidak ada aktivitas pendederan telur penyu, dia memanfaatkan waktunya untuk membenahi tempat pendederan yang jebol akibat diterjang ombak. Perbaikan menggunakan uang pribadi. Sebab sumber pendanaan operasional di tempat pendederan hanya berasal dari donatur tidak tetap. “Biaya operasional yang dibutuhkan juga tinggi,” kata Suwibawa. Tempat penangkaran penyu ini pun menjadi daya tarik bagi anak TK hingga kalangan mahasiswa. *wan

Komentar