nusabali

Mangupura Vet Care Berlanjut, Hewan Peliharaan Warga Dapat Layanan Gratis

Mayoritas Vaksinasi, Tak Mau Makan, Sakit Kulit, dan Cacingan

  • www.nusabali.com-mangupura-vet-care-berlanjut-hewan-peliharaan-warga-dapat-layanan-gratis

MANGUPURA, NusaBali
Sejak dibuka tahun 2021, layanan Mangupura Vet Care yang digagas oleh Dinas Pertanian dan Pangan Badung cukup membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Karena masyarakat cukup antusias, layanan ini pun dilanjutkan di 2023. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan kesehatan hewan yang dipusatkan di salah satu ruangan Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Badung di kawasan Puspem Badung.

“Sampai saat ini Klinik Hewan atau Mangupura Vet Care di kantor kami masih tetap jalan seperti biasa. Mangupura Vet Care ini dibuka setiap hari untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam sebulan, rata-rata 10-15 warga yang memeriksakan hewan peliharaannya,” ujar Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, Senin (13/2).

Wijana mengungkapkan, dalam pelayanan kesehatan hewan ini telah disiapkan sebanyak 15 dokter hewan. Selain itu pelayanan kesehatan yang diberikan secara gratis ini dibantu juga dengan mahasiswa PKL dari Fakultas Kedokteran Hewan. Sejauh ini, masyarakat yang datang memeriksakan hewan peliharaannya dengan berbagai keluhan. “Umumnya terkait pelayanan vaksinasi, dan pemeriksaan kesehatan seperti tidak mau makan, sakit kulit, dan cacingan,” tutur Wijana.

Mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung tersebut melanjutkan, tujuan Mangupura Vet Care ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan yang lebih cepat dan nyaman kepada masyarakat. Sehingga, pelayanan kesehatan hewan diberikan secara gratis. Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis, pihaknya juga fokus melaksanakan vaksinasi rabies dan PMK (penyakit mulut dan kuku) untuk memastikan kesehatan ternak di Gumi Keris. *ind

Komentar