nusabali

Badung Ikuti 24 Materi PKB, Anggaran Rp 4 Miliar

  • www.nusabali.com-badung-ikuti-24-materi-pkb-anggaran-rp-4-miliar

MANGUPURA, NusaBali
Agenda tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) juga menjadi agenda Dinas Kebudayaan Badung dalam mengirimkan duta-duta seninya untuk tampil.

Tahun 2023, Kabupaten Badung akan mengikuti 24 materi PKB dengan anggaran yang disiapkan Rp 4 miliar. “Tahun ini kami mengikuti sebanyak 24 materi. Anggarannya Rp 4 miliar. Kalau tahun lalu Rp 2 miliar dengan jumlah materi yang diikuti lebih sedikit. Untuk tahun ini, jumlah materi yang kami ikuti mendekati normal, sama seperti sebelum pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, Minggu (12/2).

Adapun materi yang diikuti antara lain Gong Kebyar Dewasa, Wanita dan Anak-anak, Gong Suling, Baleganjur, Topeng Bondres, Kesenian Klasik, Taman Penasar, Karya-karya Seni Legendaris, dan masih banyak lagi. Sudarwitha menegaskan, duta-duta yang akan tampil dipilih secara merata dari 6 kecamatan dan selalu beda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap tahun wakil yang kami kirim beda-beda. Formatnya masing-masing kecamatan merata duta yang kita kirim. Kalau tahun sebelumnya memang lebih sedikit, dengan pertimbangan mengirim yang terbaik. Kalau tahun ini fokus kita mengangkat pelestarian dan pengembangan seni secara merata,” ucap mantan Camat Petang ini.

Dikatakannya, untuk pembinaan sudah mulai dilakukan sejak Januari 2023. Sudarwitha menambahkan, untuk duta-duta yang tampil akan diperkuat sekaa sebunannya. Dengan syarat setengah jumlah seniman dari satu duta seni itu berasal dari desa adat.

“Jadi 50 persen penari dan penabuhnya itu dari desa adat setempat, khususnya banjar yang dimaksud. Sehingga memacu pengembangan seni di sana. Kalau sekaa seni atau sanggar dimaksud tidak mampu memenuhi 50 persen itu, kita tidak akan mengirim sebagai duta. Walaupun mungkin nanti harus sangat intens persiapannya karena mengejar kualitas, serta menyamakan suguhan dan skill para seniman,” tandas Sudarwitha. *ind

Komentar