nusabali

Puspa Aman Wajib Punya Rumah Bibit

  • www.nusabali.com-puspa-aman-wajib-punya-rumah-bibit

GIANYAR, NusaBali
Penilaian lomba Program Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri dan Nyaman (Puspa Aman) masih berlangsung dari desa ke desa.

Salah satu kriteria yang wajib dipenuhi, Puspa Aman harus punya rumah bibit. “Harus ada, karena rumah bibit yang akan menyediakan bibit untuk diberikan kepada warga. Bibit itu tanam di pekarangan rumah,” jelas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Minggu (12/2).

Pada area Puspa Aman juga disyaratkan ada demplot sebagai percontohan tanaman. “Selain demplot dan rumah bibit, juga ada kolam ikan dan pelatihan pengolahan yang nantinya dapat diterapkan di masing-masing rumah tangga,” tegas Dayu Surya. Ada enam kriteria lomba Puspa Aman. Masing-masing ketersediaan rumah bibit dan demplot. Tiga kriteria lainnya dinilai di rumah warga berupa penilaian kesehatan, pemanfaatan pekarangan untuk Aku Hatinya PKK, dan pemilahan sampah di rumah tangga.

Tim penilai dibagi menjadi 2 yaitu yang bertugas menilai di Puspa Aman dan yang bertugas menilai ke rumah warga. Tujuan program untuk mensejahterakan keluarga. Masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan pekarangan untuk menanam kebutuhan sehari-hari. “Bibitnya bisa didapatkan di Puspa Aman. Kami harapkan mampu menyediakan makanan yang sehat, bergizi seimbang, dan aman dari pencemaran,” pinta Dayu Surya. Lomba dilaksanakan dalam 2 tahapan. Pertama melaksanakan penilaian antar desa dalam satu kecamatan. Pemenangnya akan mewakili masing-masing kecamatan untuk dilombakan di kabupaten. *nvi

Komentar