nusabali

Heboh Isu Penculikan, Siswa Disarankan Pulang Berkelompok

  • www.nusabali.com-heboh-isu-penculikan-siswa-disarankan-pulang-berkelompok

MANGUPURA, NusaBali.com – Belakangan ini masyarakat Bali diramaikan dengan isu penculikan anak dari kalangan pelajar. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa agar pulang sekolah berkelompok.

Imbauan ini disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sedang Aipda I Gusti Ngurah Eka Artana kepada sejumlah siswa di wilayah binaannya pada Sabtu (11/2/2023) siang.

Sejumlah siswa yang didekati oleh Ngurah Eka adalah sekelompok pelajar dari SMPN 2 Abiansemal yang sedang belajar kelompok di areal Lapangan Pratu I Wayan Geso.

“Tadi kami imbau agar para siswa berhati-hati saat pulang sekolah. Jangan pernah mau dibonceng orang yang tidak dikenal, mencurigakan, atau selain orangtuanya,” tutur Ngurah Eka usai berbincang dengan empat siswa berpakaian olahraga itu.

Sembari asyik dengan tugas kelompok mereka, Ngurah Eka tetap memberikan penyadartahuan dengan bahasa sederhana dan persuasif.

Meskipun belum ada kasus penculikan terjadi di wilayah binaannya, Ngurah Eka mengaku hal tersebut guna tindakan preventif. Sebab, isu ini tengah berkembang di media sosial dan kadang kala menjadi sasaran empuk penyebar berita bohong.

Isu sensitif semacan penculikan anak dan pelajar apabila digesekkan di tengah masyarakat dapat menyebabkan gangguan kamtibmas. Seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Bali baru-baru ini.

Akibat berita bohong yang menyasar isu ini, orang tidak bersalah menjadi sasaran amukan warga. Hal semacam ini pula yang ingin dicegah oleh jajaran Polsek Abiansemal, Polres Badung ini.

“Kami berharap imbauan ini dapat dihayati oleh masyarakat, terutama anak-anak. Kalau pulang sekolah usahakan berkelompok dan saling menjaga satu sama lain. Beri tahu kami apabila ada hal-hal yang mencurigakan,” tandas Ngurah Eka. *rat

Komentar