nusabali

Desa Sidan Gencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

  • www.nusabali.com-desa-sidan-gencarkan-pemberantasan-sarang-nyamuk

GIANYAR, NusaBali.com – Sebagai antisipasi merebaknya kasus demam berdarah dengue (DBD) di awal tahun ini, kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) digencarkan, termasuk di wilayah Desa Sidan, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPTD Kesmas Gianyar I ini berlangsung 4-10 Februari 2023. 

“Kegiatan ini menyasar seluruh rumah warga di Desa Sidan untuk menyadarkan masyarakat tentang kebersihan akan saluran air dan sampah-sampah yang dapat menimbulkan sarang nyamuk atau jentik. Dengan menggunakan metode 3M yaitu menguras, menutup dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas  (daur ulang),” ujar Ngurah Ngakan, Staf Kesling UPTD Kesmas Gianyar I saat ditemui di salah satu rumah warga Desa Sidan. 

Diharapkannya, kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk tidak mengandalkan pemerintah atau petugas kesehatan saja, namun masyarakat bisa lebih aktif melakukan kegiatan PSN ini setiap minggunya. Apalagi saat ini musimnya tidak menentu. 

Namun fogging tidak serta-merta dilakukan, melainkan melihat kondisi wilayah terlebih dahulu. “Fogging dilakukan jika dari PSN ini banyak terdapat jentik,” terangnya. *m02


Berita  ini merupakan liputan Dewi Purnama, mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com

Komentar