nusabali

Ribuan Mahasiswa Undiksha Aksi Damai

  • www.nusabali.com-ribuan-mahasiswa-undiksha-aksi-damai

Ribuan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganeshas (Undiksha) Singaraja melakukan aksi damai bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, Jumat (1/5) sore.

Peringati Hari Lahirnya Pancasila

SINGARAJA, NusaBali
Aksi damai yang disertai dengan orasi dan sejumlah pertunjukan berpusat di Lapangan Ngurah Rai, Buleleng.

Sebelumnya masa bergerak dari kampus Undiksha di Jalan Udayana. Sebagian mahasiswa juga tampak membawa standuk dan poster yang menunjukkan dukungan mereka terhadap ketetapan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Sebagian mahasiswa juga  membawa bendera merah putih dan berdandan dengan lukisan pancasila lengkap dengan perlambangan kelima silanya.

Ketua aksi damai yakni Presiden Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha, I Made Diki Satya Narayana mengatakan bahwa aksi yang melibatkan mahasiswa di seluruh fakultas yang ada merupakan wujud nyata mahasiswa Undiksha untuk menolak kelompok radikal yang ingin mengganti Pancasila. “Selain itu kami juga ingin membangkitkan rasa nasionalisme seluruh mahasiswa Undiksha untuk bersama mendukung Pancasila sebagai ideologi negara yang tidak dapat digantikan oleh apapun,” tegasnya.

Pihaknya pun mengatakan bahwa selama ini sudah berupaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa dengan mengajak mereka dalam berbagai kegiatan bela negara. Selain juga memasang pamflet bertuliskan bela negara, di masing-masing fakultas.

Wakil Rektor III Undiksha, I Gusti Ngurah Pujawan, yang terlihat bersama mahasiswa  menegaskan bahwa Undiksa sebagai lembaga pendidikan tinggi senantiasa mengawal mahasiswa dan seluruh sivitasnya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai NKRI termasuk ideologi Pancasila.  “Kami terus tanamkan idealisme kepada mahasiwa baik dalam mata kuliah ataupun seminar kebangsaan. Tim keamanan kami juga terus melakukan pengamatan jika memang ditemukan isu radikal maupun pelanggaran lainnya dengan cepat akan ditindak sesuai dengan aturan yang ada,” tegas dia. *k23

Komentar