nusabali

Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang

BMKG: Potensi Terjadi pada 11-12 Februari 2023

  • www.nusabali.com-waspada-hujan-petir-dan-angin-kencang

Di Sanur dan Besakih, BMKG memprakirakan ada potensi hujan disertai kilat/petir pada siang dan malam hari.

DENPASAR, NusaBali
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat akan potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bali pada 11–12 Februari 2023.

Dalam informasi prakiraan cuaca BMKG yang terbit di Denpasar, Jumat, BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Bali turun hujan ringan sampai dengan lebat, yang dapat disertai kilat/petir.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam siaran tertulis menambahkan angin kencang kecepatan 4–40 kilometer per jam juga diperkirakan bertiup dari arah barat ke barat laut pada 10–12 Februari 2023. Oleh karena itu, Cahyo mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak dari cuaca ekstrem.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir,” kata Cahyo Nugroho.

Ia menambahkan hujan sedang sampai dengan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang diprediksi turun di Buleleng, Karangasem, Bangli, Jembrana, Gianyar, Badung, Denpasar, Klungkung, dan Tabanan pada 11–12 Februari 2023.

Sementara untuk tempat-tempat wisata, seperti di Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, Ubud, Bedugul, dan Besakih, BMKG juga memprakirakan turun hujan pada 11-12 Februari 2023.

Di Sanur dan Besakih, BMKG memprakirakan ada potensi hujan disertai kilat/petir pada siang dan malam hari. Dalam informasi prakiraan cuaca yang sama, BMKG juga mengimbau masyarakat terutama nelayan, pelaku kegiatan usaha bahari, dan mereka yang beraktivitas di wilayah pesisir agar mewaspadai potensi gelombang laut tinggi terutama di perairan selatan Bali pada 10–12 Februari 2023. “Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan berkisar antara 0,25–1,5 meter, perairan selatan Bali 1–2,5 meter, Selat Bali 1–2 meter, dan di Selat Lombok 1–2 meter,” kata Cahyo Nugroho.

Sementara di tempat-tempat wisata seperti di Nusa Dua, Sanur, Tanah Lot, dan Kuta, tinggi gelombang laut diperkirakan berkisar antara 0,5-1,5 meter pada 11-12 Februari 2023. *ant

Komentar