nusabali

Tingkatkan Kualitas Diri, Master Business Academy Gelar Seminar Percaya Diri dan Public Speaking

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kualitas-diri-master-business-academy-gelar-seminar-percaya-diri-dan-public-speaking

MANGUPURA, NusaBali.com – Salah satu kampus bisnis di Bali, Master Business Academy (MBA) mengajak para pelajar milenial untuk mengasah keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking dan meningkatkan kepercayaan diri.

Seminar ‘Percaya Diri dan Public Speaking’ berkolaborasi dengan Park23 Creative Hub ini menghadirkan seorang public speaker ternama yakni CEO and Managing Director of Darmawan & Associates, Yoke Darmawan dan Professional Trainer & Life Coach, Wira.

Corporate Marketing Manager MBA, Ni Kadek Mitha Ismayanti menjelaskan sesuai survei, hampir sekitar 80 persen anak muda saat ini kurang percaya diri dan mereka butuh skill komunikasi atau public speaking. 

Ditambah lagi, ketika mereka telah lulus SMA atau SMK, kemampuan komunikasi dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri ketika mereka ingin melamar pekerjaan atau bersosialisasi. 

“Kenapa kita membuat seminar ini karena untuk membuat anak-anak peduli bahwa percaya diri dan public speaking ini penting untuk mereka, bukan hanya hari ini tetapi juga untuk ke depannya ketika mereka nanti ke industri atau kehidupan sosial. Kedua kita ingin memberikan manfaat bukan hanya untuk mahasiswa saja tetapi juga untuk seluruh siswa siswi yang ada di Bali,” ujar Mitha saat ditemui di Green Room Park 23 Creative Hub, Jumat (10/2/2023) sore.

Gelaran yang mulai pada pukul 16.00 Wita tersebut digawangi oleh 10 panitia yang berasal dari Jurusan Professional Business Management. 

Dilangsungkan secara gratis, Mitha menjelaskan gelaran seminar tersebut selalu rutin diselenggarakan setiap bulannya. Seminar ini dihadiri  kurang lebih 50 peserta berasal dari SMA/SMK di seluruh Bali. 

“Misi kami bukan hanya sekadar mencari mahasiswa saja, tetapi kita ingin memberikan edukasi kepada anak muda terutama yang ada di Bali bahwa mereka penting memiliki awareness bahwa di Bali ini memiliki bisnis yang bisa mereka kelola,” tuturnya.

Sementara itu CEO and Managing Director of Darmawan & Associates, Yoke Darmawan menerangkan generasi muda rupanya memerlukan sebuah praktisi untuk berbagi dan mereka ingin melihat kunci atau cara untuk menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri. 

Itulah sebabnya pada kesempatan kali ini, Yoke membawakan materi soal pengertian dasar dan praktik public speaking

“Jadi hari ini lebih ke pengenalan. Karena kami ingin anak-anak ini tertarik dulu, mereka punya banyak potensi, Bali punya banyak potensi. Diharapkan anak-anak ini bisa mewakili potensi Bali. Jadi berbicara di depan publik dan menjadi tuan rumah di pulaunya sendiri,” ujar Youke.

Professional Trainer & Life Coach, Wira menambahkan jika dirinya berbagi tips kepada peserta untuk bisa memulai membangun kepercayaan diri, berkomunikasi dan faktor apa yang bisa menghambat anak muda bisa percaya diri.

“Kali ini saya ingin anak-anak bisa bertransformasi lebih cepat. Karena 80 persen orang sukses itu ditentukan oleh kemampuan komunikasi mereka. Untuk itu kenapa komunikasi dan percaya diri sangat penting untuk saya sampaikan kepada mereka,” ujar Wira.

Wira pun berharap para peserta bisa bertransformasi atau setidaknya para peserta bisa kaya secara mental.

“Jadi jangan mengatakan kaya itu harus dari duit. Banyak orang juga miskin secara mental. Kalau mentalnya miskin jadi otomatis dia akan tidak percaya diri. Harapan saya dengan program seminar seperti ini anak-anak punya mental yang kaya. Jadi dia tumbuh percaya diri sehingga mampu mengekspresikan diri mereka dengan berkomunikasi yang baik dan benar,” pesannya.

Walaupun terkadang faktor kemampuan bahasa asing dapat menjadi suatu penghalang bagi seseorang untuk berlatih public speaking, Wira dengan tegas menjelaskan setiap orang harus percaya dengan diri sendiri.

Trust yourself, jadi kita harus percaya sama diri kita sendiri. Saya imbau kepada anak muda, berapa pun level kemampuanmu, akui dan hargai itu. Jadikan itu sebagai sumber kekuatan dan sumber motivasi untuk siap dan bahkan menang di persaingan saat ini,” pungkasnya. *ris


Komentar