nusabali

Libas Juara Afrika, Madrid Hadapi Al Hilal di Final

  • www.nusabali.com-libas-juara-afrika-madrid-hadapi-al-hilal-di-final

RABAT, NusaBali
Juara Eropa Real Madrid melaju ke final Piala Dunia Antarklub untuk kelima kalinya, setelah menang 4-1 atas juara Afrika Al Ahly (Mesir), dalam semifinal di Stadion Pangeran Moulay Abdellah, Rabat, Maroko, Kamis (9/2) dinihari WITA.

Di final, Los Blancos akan menghadapi wakil Asia Al Hilal (Arab Saudi), Minggu (12/2) dinihari Wita. Pada laga semifinal itu, Vinicus Junior membawa El Real memimpin pada menit ke-42, saat dia memaksimalkan kesalahan Mahmoud Metwalli sebelum menyelesaikannya dengan sepakan cungkil. Lalu Federico Valverde menggandakan keunggulan Madrid pada menit ke-46, ketika dia jadi pemain pertama yang menyambar bola pantul setelah tembakan Rodrygo digagalkan kiper Al Ahly.

Al Ahly memperkecil ketertinggalan melalui eksekusi penalti pada menit ke-63. Ali Maalou sukses menjadi algojo setelah Eduardo Camavinga melanggar Hussein El Shahat di kotak terlarang.

Los Blancos kemudian mendapat penalti ke-87, namun eksekusi Luka Modric digagalkan kiper Mohamed El Shenawy. Meski demikian, Real mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-92, saat Daniel Ceballos mengirim umpan matang untuk diselesaikan Rodrygo.

Pemain pengganti Sergio Arribas melengkapi kemenangan Real 4-1 pada menit ke-98, untuk mengukir gol keempat tim sekaligus gol pertamanya di tim senior. Tim ibukota Spanyol itu pun semakin dekat dengan gelar dunia kelimanya.

Real Madrid adalah klub tersukses dalam sejarah turnamen Piala Dunia Antarklub, dengan jumlah empat gelar. Los Blancos berpeluang menambah satu gelar lagi jika menang atas Al-Hilal. Sebelumnya, Madrid selalu menang saat lolos ke final Piala Dunia Antarklub.

Pertama kali Madrid mengangkat trofi pada 2014 di Maroko. Kala itu Madrid mengalahkan San Lorenzo 2-0 di final. Lalu tiga gelar berikutnya Madrid raih secara beruntun pada 2016 mengalahkan Kashima Antlers, pada 2017 mengalahkan Gremio dan 2018 menang atas Al-Ain.

Di urutan kedua ada rival Real Madrid, yakni Barcelona dengan tiga gelar dan satu runner-up. Barcelona meraih gelar pada 2009, 2011 dan 2015.

Selain Madrid dan Barca, klub lain pernah juara adalah Corinthians Brasil (2),  Bayern Muenchen Jerman (2),  Liverpool Inggris (1), Chelsea Inggris (1), Manchester United Inggris (1), AC Milan Italia (1), Inter Milan Italia (1), Sao Paolo Brasil (1), dan Internacional Brasil (1). *

Komentar