nusabali

SPBU di Desa Lembongan, Nusa Penida Terbakar

Bupati Suwirta Tinjau TKP, Antisipasi Kelangkaan BBM

  • www.nusabali.com-spbu-di-desa-lembongan-nusa-penida-terbakar

SEMARAPURA, NusaBali
Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung mengalami kebakaran hebat pada, Kamis (9/2) pagi pukul 09.00 Wita.

Bahkan, sebuah video terkait kebakaran tersebut viral di media sosial. Dalam video itu kobaran api terlihat melalap SPBU dan kepulan asap pekat mengepul ke atas. Kapolres Klungkung, AKBP I Nengah Sadiarta mengatakan kejadian ini bermula saat 2 orang pegawai SPBU, Luh Suci Astiti Arya Dewi,33, dan Ni Nyoman Rustini,35, melihat Ketut Suwirta,43, datang ke SPBU dengan menggunakan sepeda motor Vario untuk mengangkut jerigen yang berisi BBM jenis Pertalite.

Kemudian Ketut Suwirta yang merupakan staf salah satu boat dari Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB ini, menaikkan 2 jerigen BBM ke atas motor. Namun, tiba-tiba keluar api dari motor Ketut Suwirta. Karena panik dia meninggalkan sepeda motornya. Kemudian motor dan 2 jerigen yang berisi BBM terjatuh sehingga api menyambar jerigen tersebut yang menyebabkan areal di SPBU terbakar. Petugas dan warga sekitar berusaha memadamkan api dan api dapat dipadamkan pukul 09.50 Wita.

Adapun areal yang terbakar 3 unit pompa SPBU, dan atap Bangunan SPBU. Namun, hingga saat ini jumlah kerugian belum diketahui. Berdasarkan keterangan saksi bahwa api bersumber dari motor saksi Ketut Suwirta yang terbakar. Saat ini sudah dilakukan upaya pemadaman secara maksimal. "Petugas masih melakukan penyelidikan," ujar AKBP Sadiarta.

Sementara Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suwarbawa mengatakan dari Damkar tidak bisa memberikan layanan pemadaman saat kejadian terkendala kondisi prasarana (jalan).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta turun meninjau langsung SPBU Nusa Ceningan pasca kebakaran tersebut. Peninjauan ini sebagai bentuk respon dan upaya antisipasi bersama untuk pemenuhan layanan BBM sementara menunggu pemulihan layanan SPBU yang terbakar. “Untuk penyebab dan proses lebih lanjut terkait kebakaran disilahkan ditangani pihak kepolisian, kemudian untuk dampak terganggunya layanan BBM mari kita tangani bersama,” ujar Bupati Suwirta saat peninjauan.

Bupati Suwirta menambahkan musibah kebakaran ini menjadi perhatian khusus Pemkab Klungkung dan untuk sementara kebutuhan BBM dapat dipasok dari SPBU Banjar Nyuh Nusa Penida. Bupati Suwirta juga minta kerjasama pihak Kepolisian dan TNI dalam mengawal pendistribusian BBM ini.

"Pengawalan terhadap distribusi BBM ke Lembongan sangat penting dan perlu dilakukan guna mencegah terjadinya kenaikan harga bahan pokok, dan penyalahgunaan BBM serta dalam rangka memberikan rasa nyaman bagi masyarakat, pelaku wisatawan maupun wisatawan yang berwisata menggunakan kendaraan bermotor," ujar Bupati Suwirta. Hadir dalam peninjauan kemarin Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Pemkab Klungkung I Wayan Ardiasa, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Klungkung Dewa Putu Suwarbawa serta instansi terkait lainnya. *wan

Komentar