nusabali

Polisi Bersemi Tanam Tomat Servo di Subak Basangkasa Kerobokan

  • www.nusabali.com-polisi-bersemi-tanam-tomat-servo-di-subak-basangkasa-kerobokan

MANGUPURA, NusaBali.com – Program Polisi Berkebun di Masa Resesi (Bersemi) di Polsek Kuta Utara kembali berlanjut. Kali ini tanah seluas 15 are di Subak Basangkasa bakal ditanam bibit tomat Servo F1.

Sebelumnya Polsek Kuta Utara sukses menghasilkan jagung sebanyak 500 kilogram dari Subak Saih Munduk di Desa Tibubeneng lewat program yang sebelumnya disebut Polisi Bertani di Masa Pandemi (Bersemi) ini. Pimpinan Polsek Kuta Utara yang baru yakni Kompol I Made Pramasetia berniat mengulangi kesuksesan tersebut.

“Kali ini kami akan mengolah lahan warga setempat untuk ditanami bibit tomat,” tutur Prama ketika dikonfirmasi pada Kamis (9/2/2023) sore.

Subak Basangkasa sendiri terletak di Lingkungan/Banjar Campuan, Kelurahan Kerobokan, Kuta Utara. Lahan seluas 15 are milik warga tersebut adalah tanah aktif dan subur namun tidak termanfaatkan.

Kata Prama, berbagai pihak mulai dari Balai Penyuluh Petanian Kecamatan Kuta Utara, Pakaseh Subak Basangkasa, dan pemilik lahan akan dilibatkan. Keterlibatan beberapa pihak terkait ini demi memeroleh hasil panen yang maksimal sekaligus berkontribusi terhadap ekonomi subak.

“Pihak-pihak tersebut bakal dilibatkan dalam proses penanaman dan perawatan agar diperoleh hasil yang maksimal,” kata Prama.

Untuk diketahui, program Polisi Bersemi digagas Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes untuk menjawab tantangan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Di mana, ada harapan agar polisi turut berperan dalam program ketahanan pangan.

Oleh karena itu, hasil panen yang diperoleh dari program Polisi Bersemi ini akan diserahkan kembali kepada masyarakat terutama bagi yang kurang mampu. Selain meringankan beban warga kurang mampu, hasil panen lain dapat disalurkan sebagai penjaga kestabilan ketersediaan pangan.

“Ini kami lakukan untuk turut menjaga ketersediaan bahan pangan yang hasilnya kami salurkan kepada warga sekitar,” tandas Prama. *rat

Komentar