nusabali

Empat Tim Rugby Wajib Lolos PON

  • www.nusabali.com-empat-tim-rugby-wajib-lolos-pon

Pada Pra PON cabor rugby akan mempertandingkan dua nomor, rugby 7 putra-putri dan rugby 8 putra-putri, sehingga totalnya memperebutkan empat medali emas.

GIANYAR, NusaBali

Seluruh tim rugby putra dan putri Bali diwajibkan masuk empat besar dalam tiap nomornya di ajang Pra PON 2023. Pasalnya hanya tim yang masuk empat besar yang masuk PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut. Sedangkan kualifikasi PON sendiri belum diputuskan kapan digelar dan kemungkinan besar di Bali.

"Pada Pra PON cabor rugby akan mempertandingkan dua nomor, rugby 7 putra-putri dan rugby 8 putra-putri, sehingga totalnya memperebutkan empat medali emas," kata Ketua Umum Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali, I Made Erawan, Rabu (8/2).

Menurut Erawan, dalam PON XX/2021 di Papua, tim rugby 7 putri Bali hanya meraih medali perunggu, usai menundukkan DI Yogyakarta 17-0. Sedangkan medali emas diraih DKI Jakarta  dan tuan rumah Papua meraih perak. Dalam kualifikasi PON nanti, ada tambahan nomor rugby 8 putra-putri sehingga total ada tambahan dua medali emas.

"Untuk Pra PON nanti kita targetkan lolos PON dulu, sebab persaingan pasti ketat ," kata Erawan, yang juga Ketua Pengprov Cricket Bali ini.

Menurut Erawan , tiap nomor hanya mencari empat tim dari semua provinsi yang ikut kualifikasi. Semua itu karena tuan rumah Aceh dan Sumut lolos otomatis, sehingga tidak perlu ikut kualifikasi lagi.

"Saya tidak target medali saat Pra PON, terpenting lolos PON. Soal bagaimana strateginya, itu yang akan kita atur agar berjalan sesuai harapan," kata Erawan, yang juga guru olahraga di SMK Silakarang Gianyar.

Erawan  mengatakan, target tanpa medali tapi lolos PON dengan harapan jangan sampai terbaca pada saat PON. Tim Rugby Bali berharap mampu memberikan kejutan pada PON nanti.

"Saya ingin Bali sedikit diremehkan menjelang PON ketika mengantongi tiket, tapi di luar itu kita ingin melakukan persiapan secara penuh dan matang. Jadi target PON nanti meraih medali, dan harus meningkat dari PON sebelumnya yang hanya meraih perunggu di PON Papua," kata Erawan, yang juga mantan Sekum KONI Gianyar.

Menurut Erawan, untuk itu seleksi atlet rugby sifatnya berjalan, dan baru ditetapkan secara definitif menjelang Pra PON. Apalagi, Bali mengajukan diri sebagai tuan rumah Pra PON.

“Kepastiannya masih menunggu hasil rakernas pada akhir Februari ini, semoga status tuan rumah benar - benar disetujui," kata Erawan.

Harapan sebagai tuan rumah kualifikasi itu, kata Erawan, karena Bali sempat ditawari sebagai tuan rumah Kejurnas 2022. Namun saat itu, kata Erawan, Bali fokus memperjuangkan tuan rumah PraPON yang akan diputuskan saat Rakernas akhir Februari 2023. *dek

Komentar