nusabali

Pembukaan Diisi dengan Fragmentari

Bupati Suwirta Buka Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023

  • www.nusabali.com-pembukaan-diisi-dengan-fragmentari

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta secara resmi membuka Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Rabu (8/2).

Bulan Bahasa Bali ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 8 dan 9 Februari 2023 dengan tema ‘Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani’. Pembukaan Bulan Bahasa Bali dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Kadis Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Oka Wedhana mengatakan, Bulan Bahasa Bali hari pertama diisi wimbakara (lomba) pidarta dengan peserta kelian adat dan bendesa adat. Wimbakara debat mabasa Bali dengan peserta siswa SMA/SMK, wimbakara nyurat aksara Bali dengan peserta siswa SD, dan wimbakara ngwacen lontar. “Pembukaan diisi dengan pementasan fragmentari dari Sanggar Kayonan. Semoga kegiatan Bulan Bahasa Bali ini berjalan lancar,” harap Ida Bagus Jumpung.

Bupati Suwirta menyambut baik pelaksanaan Bulan Bahasa Bali. Bupati berharap laksanakan dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya mencari juara saja, tetapi memaknai bulan Bahasa Bali sangat penting dilaksanakan. “Adat budaya di Bali harus kita lestarikan bersama-sama,” ujar Bupati Suwirta. Selain itu, dengan adanya kegiatan seperti ini akan lebih bisa mengingat dan meningkatkan penggunaan Bahasa Bali seperti berbuat, berpikir, dan berperilaku menggunakan bahasa Bali dengan baik. “Tidak kalah pentingnya berpakaian adat Bali ke pura yang benar dan sopan harus jaga dengan baik,” harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar