nusabali

Panitia PTSL Karangasem Optimis Tuntaskan 6.216 Bidang Tanah

  • www.nusabali.com-panitia-ptsl-karangasem-optimis-tuntaskan-6216-bidang-tanah

AMLAPURA, NusaBali
Panitia Ajudikasi PTSL (pendaftaran tanah sistimatis lengkap) Kantor Pertanahan Karangasem optimis bisa menuntaskan 6.216 bidang tahun 2023.

Bahkan, jika mengacu capaian tahun 2022, capaian itu bisa melebihi.  Karena PTSL kali ini melibatkan 75 perbekel dan 3 lurah, di Kabupaten Karangasem.

Ketua Tim I Panitia Ajudikasi PTSL I Made Adhy Mahendra, menegaskan hal itu di Amlapura, Selasa (7/2).

Adhy Mahendra menyebutkan, dengan wilayah kerjanya Kecamatan Kubu, Kecamatan Sidemen, Kecamatan Abang (kecuali Desa Datah dan Desa Ababi), telah mendapatkan dukungan pasang 1.500 patok. Dengan itu sangat memudahkan di lapangan merealisasikan program PTSL.

Selama ini, kata dia, yang sulit adalah pasang patok, mesti menghadirkan pemilik lahan. Kali ini pemilik lahan terlebih dahulu pasang patok, maka petugas ke lapangan tinggal mengukur lahan masyarakat. "Makanya kami optimis target PTSL tahun 2023 tercapai," jelasnya.

Ketua Tim II AA Putu Ardiana mewilayahi Kecamatan Rendang, Kecamatan Manggis dan Kecamatan Selat.  Ketua Tim III Olivia Yuda Devita dengan wilayah Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, Desa Datah dan Desa Ababi di Kecamatan Abang. Mereka juga memaparkan hal senada.

Sebagai perbandingan PTSL tahun 2022, target 5.250 bidang, terealisasi 5.600 bidang. Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gusti Putu Darma Astika juga mengaku optimis, target tersebut terlampaui.

Apalagi telah dapat dukungan program pasang 1.500 patok. "Selama ini kesulitannya kan pasang patok di lapangan, yang tahu soal batas lahan adalah pemilik. Sedangkan pemilik selama ini sulit kami hadirkan ke lapangan," jelasnya.

Setelah terlebih dahulu ada program pasang patok lahan, dan yang memasang adalah pemilik lahan, maka program PTSL nanti akan lebih lancar. Bahkan pasang patok bisa bertambah, bukan saja 1.500 patok, bisa lebih.

"Makanya program PTSL tahun 2023, dapat kemudahan di lapangan, karena telah dapat dukungan masyarakat," lanjut mantan Kepala Kantor Pertanahan Bangli 2020-2022, tersebut.

Petugas Panitia Ajudikasi PTSL, jelas dia, bukan saja melakukan pengukuran di lapangan. Mereka juga memberkas lahan yang telah tuntas pengukuran tahun-tahun sebelumnya.*k16

Komentar