nusabali

Jalin Kerja Sama, Adi Arnawa Terima Wakil Dubes Inggris

  • www.nusabali.com-jalin-kerja-sama-adi-arnawa-terima-wakil-dubes-inggris

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati, menerima kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Matt Downing beserta jajaran di Puspem Badung, Selasa (7/2).

Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerja sama terkait pengolahan sampah, pendidikan, dan ekonomi. Turut mendampingi Kadis LHK Wayan Puja, Kabag Kerja Sama Ida Ayu Yutri Indahgustari, Kabag Prokompim Made Suardita. Sedangkan dalam kunjungannya, Matthew Downing didampingi oleh Deputy Head of Second Cities Juliana Ritcher dan juga Deputy Head of Media and Communications Faye Belnis.

Adi Arnawa menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wakil Dubes Inggris beserta jajaran di Kabupaten Badung. Pihaknya berharap, potensi kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan juga ekonomi dapat terjalin antara Pemda Badung dan Pemerintah Inggris. “Saat ini Pemkab Badung tengah fokus pada penangan sampah, terutama sampah kiriman. Dengan adanya kehadiran Wakil Dubes Inggris, kita bisa sharing mengenai solusi penangan limbah dan polusi,” katanya.

Selain itu, kata Adi Arnawa, di bidang pendidikan juga diharapkan ada kerja sama antara Pemkab Badung dan Pemerintah Inggris, misalnya, melalui program pertukaran pelajar atau mahasiswa dan juga pemberian kesempatan belajar dalam bentuk beasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Adi Arnawa juga mengatakan, bahwa pasca pandemi Covid 19, Kabupaten Badung sudah mulai bangkit dari keterpurukan, karena Badung hidup melalui sektor pariwisata. “Dengan suksesnya penyelenggaraan KTT G20 yang dilaksanakan di Bali, secara perlahan pariwisata di Badung mulai menggeliat dan bangkit, sehingga pendapatan di Badung semakin meningkat,” katanya.

Sementara Matt Downing mengatakan, kunjungan ke Badung sebagai Wakil Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste merupakan kunjungan pertamanya. Dia sempat mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, karena penyelenggaraan KTT G20 beberapa waktu lalu telah berjalan dengan sukses dan lancar.

Sebelum berkunjung ke Pemkab Badung, Matt Downing mengatakan juga telah berkunjung ke Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkot Denpasar. Pihaknya, berharap melalui kunjungan ini dapat menjalin tali silaturahmi dan kerja sama yang baik antara Pemkab Badung dengan Pemerintah Inggris. “Dalam hal ini, Pemerintah Inggris akan terus mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan,” ujarnya.

Pihaknya juga menyinggung soal rencana British Council yang akan membangun IELTS Test Centre di Bali. Seperti sebelumnya British Council, sebuah badan organisasi milik Pemerintah Inggris yang bergerak di bidang seni budaya dan pendidikan telah melakukan kerja sama dengan Pemkot Denpasar. Ke depannya, hal yang sama juga akan dilakukan di Kabupaten Badung.

“Hal ini sebagai sebuah bentuk dukungan kepada generasi muda Bali khususnya Badung terutama dalam hal meningkatkan kapasitas kemampuan Bahasa Inggris. Jadi nanti masyarakat Bali tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Surabaya atau Jakarta untuk mengikuti IELTS Test. Sebentar lagi di Bali akan memiliki IELTS Test Centre untuk menunjang kemampuan bidang Bahasa Inggris bagi warga Bali,” katanya. *ind

Komentar