nusabali

Seleknas Angkat Besi SEA Games Kamboja, KOI Yakin Muncul Juara Baru

  • www.nusabali.com-seleknas-angkat-besi-sea-games-kamboja-koi-yakin-muncul-juara-baru

JAKARTA, NusaBali
Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) menggelar seleksi nasional di Pelatnas Kwini, Jakarta Pusat, Kamis (2/2) lalu.

Seleksi tersebut diikuti 10 atlet Pelatnas dan 13 dari luar Pelatnas. Satu atlet dari luar Pelatnas yang lolos akan mewakili Indonesia di SEA Games ke-32 Kamboja, 5-17 Mei 2023.

Hasil itu membuat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yakin bakal hadir calon juara baru dari angkat besi di SEA Games Kamboja nanti. Mereka adalah atlet-atlet daerah berlomba untuk jadi juara.

“Ini menandakan kerja sama yang baik antara pusat dan daerah. Para calon juara baru lahir dari setiap klub daerah," ujar Komisi Sport and Developement KOI, Peter Taslim, dalam rilisnya di Jakarta, Senin (6/2).

Peter mengatakan, kepengurusan PABSI juga membuktikan menciptakan Eko Yuli sebagai idola. Terlebih, atlet Pelatnas harus bersaing dengan atlet non-Pelatnas untuk mendapatkan tempat di skuat SEA Games 2023.

Sementara menurut Wakil Ketua Umum PABSI Djoko Pramono, dalam seleksi nasional tersebut pihaknya memberikan kesempatan kepada atlet non pelatnas ikut bersaing berebut tiket ke Kamboja. Hal itu dilakukan agar lebih fair.

Hasilnya, dari kategori putri, atlet non pelatnas asal Jawa Timur di kelas 49 kg, Luluk Diana Tri dipastikan lolos ke SEA Games Kamboja. Luluk akan menjadi pelapis Windy Cantika Aisah yang saat ini sedang berjuang memperbutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

"Luluk ke SEA Games, karena Cantika tidak kami berangkatkan. Sebab SEA Games bersamaan dengan Asia Championship di Korea Selatan," kata Djoko Pramono.

Djoko mengatakan telah dua kali meminta Pengprov PABSI Jawa Timur agar Luluk masuk ke pelatnas melalui surat resmi. Menurutnya, pemusatan latihan PABSI merupakan pelatnas Olimpiade, bukan SEA Games.

Hal ini disebut sesuai arahan Menpora Zainudin Amali. Sebab angkat besi dan bulutangkis menjadi cabor prioritas yang berfokus ke Olimpiade. Karena itulah, PABSI memilikik banyak atlet youth dan junior. Sedangkan di Pelatnas yang senior hanya enam atlet.

Di SEA Games 2023 nanti, kata Djoko Pramono, PABSI berharap meraih medali lebih banyak dari SEA Games sebelumnya di Vietnam.  Saat itu, angkat besi meraih tiga medali emas, tiga perak dan empat perunggu.

Emas diraih Eko Yuli Irawan di kelas 61 kg putra, Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73 kg putra dan Muhammad Zul Ilmi di kelas 89 kg putra. Perak diraih Mohammad Yasin di kelas 67 kg putra, Rizki Juniansyah di kelas 81 kg putra dan Nurul Akmal kelas +71 kg putri.

Sedangkan perunggu diraih Siti Nafisatul Hariroh kelas 45 kg putri, Natasya Beteyob 55 kg putri, Tsabitha Alfiah Ramadani di kelas 64 kg putri dan Restu Anggi di kelas 71 kg putri. *k22

Komentar