nusabali

NU Karangasem Anugerahi 11 Tokoh PC NU Award 2023

  • www.nusabali.com-nu-karangasem-anugerahi-11-tokoh-pc-nu-award-2023

AMLAPURA, NusaBali
PC NU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Karangasem menganugerahi 11 tokoh muslim dan non muslim berupa PC NU Award 2023.

Salah satu tokoh dimaksud, Gusti Made Tusan aalias GMT. Penghargaan itu sebagai tokoh peduli berbagi di lingkungan Nahdlatul Ulama Karangasem.

Ketua PC NU Karangasem H Suaib Zen menyerahkan penghargaan itu kepada GMT diwakili putranya, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha. Penghargaan diserahkan serangkaian Perayaan 1 Abad NU di Masjid Almukhlishin  di Jalan Samanhudi, Lingkungan Karangsokong, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Minggu (5/2).

Saat perayaan HUT ke-100 NU itu, pihak PC NU juga memberikan 10 penghargaan kepada beberapa tokoh Karangasem di lingkungan Nahdlatul Ulama. Ketua Panitia Perayaan 1 Abad NU Asmuni mengatakan, ada 10 tokoh Nahdliyin yang memiliki dedikasi tinggi untuk NU Karangasem dan satu tokoh non muslim dapat penghargaan PT NU Award 2023. Selama ini tokoh-tokoh itu sangat membantu NU dan selalu menjaga toleransi.

Ketokohan Gusti Made Tusan misalnya, selama ini dekat dengan umat muslim NU. "Beberapa kali hendak melakukan acara keberangkatan naik haji, seluruh calon haji dapat undangan khusus di rumah Gusti Made Tusan, untuk bersilaturahmi. Itulah kedekatan kami selama ini," jelasnya.

Kepedulian sosial GMT dengan umat muslim terjalin telah lama. I Gusti Ngurah Gede Subagiartha yang juga Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem,  mengapresiasi penghargaan dari PC NU Karangasem.

"Penghargaan ini sangat berharga bagi kami. Sementara  kami menanggung beban untuk menjaga dan merawat toleransi yang kita jalin. Semoga lebih bermanfaat memberikan inspirasi kepada generasi emas Karangasem ke depan," jelas Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Karangasem ini.

10 tokoh lainnya yang dapat anugerah PC NU Award 2023, TGH Marzuki tokoh muslim paling berpengaruh, HM Amin tokoh musim dermawan, HJ Rehanah tokoh muslimah berpengaruh, HJ Mutmainnah tokoh muslimah teritegritas, Hazli Hidafi tokoh pemuda, Safrudin Ahmad tokoh pendidikan, Muhammad Syahid aktivis pemuda, PC Muslimat NU Karangasem kategori badan otonom tereksis, PC Pergunu (Persatuan Guru NU) Karangasem kategori badan otonom tereksis, dan PC Ansor Karangasem kategori badan otonom berdedikasi tinggi.

Sebelum pemberian penghargaan PC NU Award 2023, panitia Perayaan 1 Abad NU, menggelar kirab dan sholawat nahdliyin Karangasem, start dari Masjid Almukhlishin Jalan Samanhudi menuju Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro, dan kembali ke masjid.

Kirab juga menampilkan tarian Rudat dari Pondok Pesantren Murafiun, marching band MAN Karangasem, hadrah, dan tabligh akbar. *k16

Komentar