nusabali

Semua Komponen Bangsa Harus Jaga Pancasila

  • www.nusabali.com-semua-komponen-bangsa-harus-jaga-pancasila

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni besok, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) meminta kepada semua komponen bangsa untuk terus menjaga dan melindungi Pancasila dari kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab. Sebab, Indonesia dibangun untuk semua golongan, suku, adat istiadat dan agama yang diakui oleh negara.

JAKARTA, NusaBali
"Pancasila memiliki nilai penting dan ini tidak dimiliki oleh negara lain. Seluruh elemen bangsa dan negara harus dapat menjaga dan melindungi Pancasila," imbuh OSO di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Selasa (30/5). OSO tak menampik, saat ini sering timbul permasalahan.

Itu akibat berkembangnya pikiran dan sikap dari sekelompok masyarakat yang menganggap berbeda agama, suku dan keyakinan adalah musuh. "Saya katakan itu adalah salah, karena perbedaan itu adalah berkah bagi Indonesia dalam satu kesatuan NKRI. Ini merupakan karunia yang luar biasa," katanya.

Untuk itu, lanjut OSO, nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam diri seseorang, karena Pancasila memiliki nilai penting dalam menciptakan kerukunan dan persatuan di atas perbedaan bangsa Indonesia. Walaupun akhir-akhir ini terjadi situasi buruk, kata OSO, itu akibat melemahnya rasa nasionalisme sekelompok masyarakat.  Hal tersebut, bisa dikatakan bertentangan dengan Pancasila. Bagi OSO, Pancasila juga dapat digunakan sebagai dasar masyarakat Indonesia dalam menunjang pembangunan bangsa dan negara. *k22

loading...

Komentar