nusabali

KONI Badung Minta Cabor Berbenah

  • www.nusabali.com-koni-badung-minta-cabor-berbenah

Menghadapi rentetan kegiatan olahraga bukan tugas mudah. Sebab semua harus dipersiapkan lebih awal dan prestasi atlet juga tidak dapat dibentuk instan.

MANGUPURA NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung meminta semua cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI segera berbenah meningkatkan prestasi atlet masing-masing. Selain itu KONI Badung juga mengharapkan pengurus cabor bekerja lebih kompak.

Hal itu dilakukan KONI Badung untuk menyambut sejumlah multi event olahraga dalam tiga tahun mendatang. Yakni, Pra PON pada 2023, PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut, serta Porprov Bali XVI, yang kemungkinan pada 2025.

Menurut Ketua Umum KONI Badung Made Nariana, Jumat (3/2), menghadapi rentetan kegiatan olahraga tersebut bukan tugas yang mudah. Sebab semua harus dipersiapkan lebih awal dan prestasi atlet juga tidak dapat dibentuk instan seperti membalikkan telapak tangan.

Agar mendapat prestasi terbaik, kata Nariana, atlet harus diasah dan dibina setahun atau dua tahun sebelumnya. Berdasarkan kondisi itu, KONI Badung sudah membuat edaran kepada cabornya supaya segera mengaktifkan pelatihan-pelatihan.

Menurut Nariana, tujuannya agar atlet terbaik di Badung diharapkan ikut ajang Pra PON dan PON mewakili Bali. Apalagi Badung juga baru saja keluar sebagai juara umum Porprov Bali XV/2022 .

Menghadapi Porprov Bali XV/2025, kata Nariana, Badung perlu melakukan regenerasi atlet. Sebab dipastikan banyak atlet yang tidak dapat dimainkan dalam Porprov Bali dua tahun mendatang.

Dalam edaran KONI Badung, Nariana menjelaskan agar cabor menyegarkan pelatih yang selama ini dianggap tidak mampu atau tidak dapat menerapkan ilmu pengetahuan (iptek) keolahragaan dengan baik. Karena itu, kata Nariana, pelatih pun tidak dapat memberikan kontribusi sesuai target Porprov Bali sebelumnya.

"Pengurus yang tidak aktif dapat diganti dengan mereka yang mau mengabdi demi olahraga di Badung," tegas Nariana, yang mantan Ketum Pengprov Muaythai Bali.

Edaran KONI Badung, kata Nariana, semuanya berdasarkan  hasil evaluasi bersama pengurus cabor pada 9 Desember 2022, setelah usai Porprov Bali XV/2022.Bahkan, kata Nariana, pihak KONI Badung telah memberikan dan akan terus menggulirkan dana pembinaan, sesuai kemampuan daerah kepada semua cabor.

“Berdasarkan kebijakan itu, pengurus dan pelatih serta atlet, semestinya selalu semangat meningkatkan prestasi olahraga di Badung,” tandas Nariana.

Nariana menambahkan, Badung tetap bersemangat menyumbangkan atletnya untuk memperkuat Kontingen Bali di PON XXI/2024, seperti yang pernah terjadi dalam PON XX/2021 di Papua.

Selain itu, Badung juga tetap bersemangat mempertahankan juara umum Porprov Bali 2025. Nariana juga mengatakan, cabor yang tidak mau pro aktif akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan kondisi yang ada. Sebagai atlet Badung, tidak boleh melempem. "Semuanya harus dimulai dari sekarang, dan jangan ditunda lagi,” kata Made Nariana. *dek

Komentar