nusabali

Tahun 2023 Kontribusi Wisatawan Diprediksi Rp 31,5 M

Dorong Percepatan Program Kontribusi Wisatawan

  • www.nusabali.com-tahun-2023-kontribusi-wisatawan-diprediksi-rp-315-m

DENPASAR, NusaBali
Modal utama pariwisata Bali adalah alamnya yang indah dan budaya yang begitu adiluhung.

Untuk itu wisatawan diharapkan ikut berkontribusi menjaga kelestarian alam dan budaya Bali. Pelaku pariwisata Bali pun diminta dorong percepatan program kontribusi wisatawan We Love Bali.  

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Tjokorda Bagus Pemayun saat memberikan sosialisasi program kontribusi wisatawan kepada pelaku industri pariwisata di Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali, Jalan S Parman, kawasan Niti Mandala, Denpasar, Jumat (3/2).  

“Tujuan dari mengumpulkan para pelaku industri pariwisata ini adalah untuk  mempercepat berjalannya program kontribusi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kontribusi Wisatawan dan Pergub Nomor 27 Tahun 2020," ujar Tjok Pemayun.

Kebijakan ini dilakukan mengingat sebagai destinasi wisata, perekonomian Bali banyak bergantung dari sektor pariwisata. Bali diketahui tidak memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas seperti provinsi lainnya. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Bali belum mendapatkan secara signifikan pendapatan dari jasa pariwisata. APBD Bali hanya bersumber dari pajak kendaraan bermotor.

Tjok Pemayun juga menyampaikan, bahwa kebijakan Gubernur Bali ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pariwisata Bali yang mengusung tagline ‘pariwisata budaya’ yang berkualitas dan bermartabat. Untuk itu, lanjut dia, wisatawan asing yang datang dan berlibur ke Bali diharapkan ikut berpartisipasi untuk memberikan kontribusi secara sukarela, sebagai bentuk kepedulian dalam upaya menjaga alam, budaya, dan lingkungan Bali, sehingga bisa berkelanjutan.

"Ini sifatnya sukarela, tidak ada unsur pemaksaan. Wisatawan menyumbang langsung dengan cara men-scan barcode We Love Bali yang sudah disediakan di hotel-hotel, mobil transport, daya tarik wisata, restoran dan lain-lain, yang ada di seluruh Bali, dan mereka tinggal mentransfer nominal yang disumbangkan,” jelasnya.

Dikatakan, kebijakan kontribusi pariwisata ini sudah diluncurkan pada 29 Juli 2022, dan kebijakan ini tidak memberatkan pelaku maupun industri pariwisata. Para pelaku maupun industri pariwisata ini hanya mendorong dan mengarahkan para wisatawan untuk berkontribusi sebagai upaya ikut andil dalam menjaga alam, budaya, dan lingkungan Bali hingga meningkatkan destinasi.

“Asumsi kami, kontribusi wisatawan ini 5 persen dari target sebanyak 4,5 juta wisatawan asing ke Bali, yakin akan mampu menyumbang sebanyak Rp 31,5 miliar PAD (Pendapatan Asli Daerah) Bali di tahun 2023 ini. Ini baru asumsi sambil jalan nanti akan dilakukan evaluasi per minggu, termasuk payment gateway,” bebernya. Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Kontribusi Pariwisata I Gusti Agung Rai Suryawijaya menuturkan, pihaknya telah menjajaki testimoni kepada sejumlah wisatawan. Kata dia, wisatawan menyambut dengan antusias.

“Mereka sangat antusias membantu sepanjang kontribusi mereka itu kegunaannya dilakukan secara transparan,” tutur Agung Rai yang juga Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Badung ini. Gung Rai mengatakan bahwa, Gubernur Koster dalam membangun Bali sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, menata secara fundamental untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas dan bermanfaat. Untuk itu, lanjut dia, perlu kesadaran kolektif untuk menjaga pariwisata budaya yang diusung Bali.

“Dalam empat tahun kepemimpinan Bapak Gubernur Koster, ekosistem pariwisata diperhatikan betul dengan membangun infrastruktur terkoneksi baik itu darat, laut, dan udara. Bahkan, membangun objek wisata, seperti Turyapada Tower, Pusat Kebudayaan Bali, penataan kawasan Besakih, hingga rencana pembangunan Paramount di Jembrana. Ini langkah nyata Gubernur Koster untuk menciptakan Bali the Best Destination in the World,” bebernya.

Nada dukungan juga disampaikan Ketua Indonesia Hotel Manager Association (IHGMA) Bali, Yoga Iswara. Kontribusi ini sifatnya sukarela bagi wisatawan yang secara emosinal memiliki kepedulian menjaga alam, budaya, dan lingkungan Bali secara berkelanjutan. "Ini bukan hanya tugas dari masyarakat maupun Pemerintah Bali, akan tetapi semua pihak termasuk wisatawan. Sifatnya yang sukarela ini untuk mengajak wisatawan yang memiliki emosi khusus, dalam merestorasi Bali. Ini langkah yang sangat luar biasa untuk bersama-sama menjaga,” ungkapnya.

Pihaknya mencontohkan beberapa kondisi Bali yang perlu diperhatikan. Mulai dari ketersedian air bersih, sampah, hingga menjaga sumber air. Menurut dia, hal ini membutuhkan komitmen bersama untuk bisa menghasilkan yang lebih baik. “Nah inilah yang kita ajak secara bersama-sama dengan mengajak wisatawan untuk ikut berpartisipasi secara positif menjaga Bali,” ujarnya.

Disinggung kebijakan ini terlalu cepat diterapkan mengingat pariwisata Bali baru saja pulih dari pandemi Covid-19, Yoga Iswara menegaskan bahwa kebijakan ini tidak memaksa. Akan tetapi sifatnya sukarela. “Kebijakan ini sasarannya untuk wisatawan yang memiliki emosional khusus, memiliki keterikatan khusus dengan Bali, asalkan program yang dibuat dari kontribusi ini dilakukan secara transparan. Baik itu kepada wisatawan maupun masyarakat, saya rasa ini akan jalan. Karena banyak negara lain yang menggunakan sistem seperti ini. Misalnya di Maldives, di Jepang, dan negara lainnya. Di Indonesia, nah di Bali baru memulai kontribusi wisatawan yang sifatnya sukarela,” pungkasnya. *cr78, k17

Komentar