nusabali

Abiansemal Buka Porjar dan PSP Kecamatan, Libatkan 1.081 Atlet dan Seniman Cilik

  • www.nusabali.com-abiansemal-buka-porjar-dan-psp-kecamatan-libatkan-1081-atlet-dan-seniman-cilik

MANGUPURA, NusaBali.com – Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni Pelajar (PSP) Kecamatan Abiansemal dibuka pada Jumat (3/2/2023) pagi di Lapangan I Wayan Geso, Desa Sedang.

Dalam ajang olahraga dan seni sebanyak 1.081 siswa sekolah dasar bakal berunjuk gigi di 26 cabang olahraga dan 5 cabang seni dan budaya. Ketua Panitia Porjar dan PSP Kecamatan Abiansemal, I Wayan Wali, 47, menuturkan bahwa ajang ini adalah yang pertama sejak pandemi.

“Ini yang pertama sejak tahun 2020. Tahun ini kami libatkan total 1.081 siswa SD dari sembilan gugus yang ada di Kecamatan Abiansemal,” tutur Wali yang juga Kepala SD No 2 Jagapati ketika dijumpai di sela-sela pembukaan acara pada Jumat pagi.

Dari lebih dari seribu atlet dan seniman cilik yang terlibat, sebanyak 971 atlet akan bertanding di bidang olahraga. Sedangkan sisanya yakni 110 seniman akan ambil bagian di bidang seni dan budaya.

Kata pria yang menjabat Ketua K3S Kecamatan Abiansemal ini, Porjar dan PSP tahun 2023 dipusatkan di Desa Sedang dan wilayah Gugus VII. Wilayah dari Gugus VII Kecamatan Abiansemal ini yang sering disebut JAS atau Jagapati, Angantaka, dan Sedang.

“Menurut pengalaman Porjar dan PSP sebelumnya, Gugus VII ini yang terlihat paling unggul sebab paling banyak mengoleksi emas,” ungkap Wali yang juga Ketua K3S Kabupaten Badung.

Foto: Laga cabor sepak bola antara Gugus IV dan VIII isi agenda awal Porjar dan PSP Kecamatan Abiansemal tahun 2023. -NGURAH RATNADI

Meskipun dipusatkan di wilayah Gugus VII, beberapa agenda juga disebar ke beberapa wilayah gugus lain yang sudah memiliki infrastruktur khususnya di bidang olahraga. Sebaran venue olahraga ini meluber ke Desa Mambal, Desa Blahkiuh, Desa Ayunan, dan Desa Sangeh.

“Nanti PSP dipusatkan di Kantor Korwil Disdikpora Kecamatan Abiansemal di Blahkiuh dan juga SD Negeri 1 Blahkiuh yang ada di sebelahnya,” imbuh Wali.

Kata Wali, PSP sendiri bakal dimulai ketika Porjar sudah dilakukan secara tuntas pada Senin (13/2/2023) mendatang. Lima cabang lomba yang akan digelar dalam PSP ini adalah Tari Manggala Yuda dan Margapati, masatua Bali, melukis, menyalin aksara latin ke dalam aksara Bali, dan macepat.

Dalam ajang yang sama di tingkat kabupaten, imbuh Wali, kontingen Kecamatan Abiansemal biasanya menonjol di cabang olahraga bola voli. Sedangkan untuk bidang seni dan budayanya dinilai unggul pada cabang seni macepat.

Wali berharap pelaksanaan Porjar dan PSP Kecamatan Abiansemal dapat membangun budaya olahraga dan sportivitas di kalangan pelajar belia. Di samping itu, kecintaan terhadap seni dan budaya juga bisa ditanam sejak dini melalui pelibatan pelajar belia ini dalam cabang-cabang PSP. *rat

Komentar