nusabali

Percantik Kawasan Pantai Seminyak, Desa Adat Ajukan Penataan Lanjutan

  • www.nusabali.com-percantik-kawasan-pantai-seminyak-desa-adat-ajukan-penataan-lanjutan

MANGUPURA, NusaBali
Di tengah proses penataan Pantai Samigita (Seminyak, Legian, dan Kuta) yang saat ini masih berlangsung, dengan nilai anggaran sekitar Rp 241 miliar, Desa Adat Seminyak melalui Tim Penataan Kawasan Wisata Pantai Seminyak, mengajukan tujuh proyek lanjutan.

‘Proyek dimaksud khusus mempercantik destinasi Pantai Seminyak. Ketua Tim Penataan Kawasan Pantai Seminyak I Komang Ruditha Hartawan, mengatakan usulan proyek lanjutan pada dasarnya merupakan pengajuan kembali beberapa usulan yang belum dapat dilaksanakan pada 2022, serangkaian proyek penataan Pantai Samigita. “Tambahan baru sebenarnya tidak ada. Usulan yang kami ajukan kembali ini, sesungguhnya sudah kami ajukan di tahun sebelumnya. Namun mungkin karena ada penyesuaian anggaran dan waktu yang terbatas, jadi beberapa usulan belum bisa tereksekusi di 2022,” jelasnya, Rabu (1/2).

Tujuh proyek yang diusulkan, yaitu pembangunan drainase U-Ditch Precast 150 x 160 K-300 di sepanjang jalan paving Pantai Seminyak. Hal tersebut diusulkan serangkaian dengan penggantian trotoar. Usulan kedua, sambung dia, yaitu pengadaan 2 unit Patung Gajah Mina dan 2 unit Patung Dewa Baruna, itu termasuk pula masing-masing dudukannya yang berlokasi di area Pamelastian. Awalnya patung itu memang masih baik-baik saja tapi seiring berjalannya waktu, ternyata keropos dan mengalami rusak berat. “Sekarang tembok di Pantai Seminyak ini sudah bagus. Sementara trotoar di sebelahnya rusak. Kemudian dua patung itu perlu diperbaiki lagi,” kata Ruditha.

Kemudian, usulan ketiga adalah pengadaan 2 unit portal yang dipasang pada akses masuk jalan paving pada sisi utara dan selatan. Sedangkan keempat, berupa pemasangan portal di setiap akses masuk jogging track atau pedestrian agar tidak ada kendaraan yang masuk. Usulan kelima adalah pengadaan 15 unit meja atau bed massage untuk dipasang di sepanjang kawasan wisata Pantai Seminyak sebagai salah satu kelengkapan. Keenam, pengadaan meja bad atau meja santai sesuai dengan lokasi yang sudah ditetapkan bersama. Ketujuh, pengadaan unit cover atau penutup stand board yang sudah terpasang di sepanjang kawasan wisata Pantai Seminyak agar terlihat lebih rapi dan bersih.

“Kami koordinasikan pula dengan Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), dibilang kalau tidak memungkinkan pada anggaran Induk tahun ini, maka akan diusahakan di anggaran Perubahan,” jelas Ruditha.

Dia mengklaim setelah selesai penataan Pantai Samigita, kondisi kawasan Pantai Seminyak akan semakin cantik lagi dengan tambahan proyek lanjutan tersebut. “Semua agar kondisi Pantai Seminyak ini semakin cantik ke depannya,” ucapnya.

Sementara, Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengakui adanya usulan tambahan proyek lanjutan setelah penataan Pantai Samigita. Usulan datang dari pengelola Pantai Seminyak. Menurut dia, usulan tersebut sudah diakomodir dan ditampung. “Usulan itu kita akomodir terlebih dahulu. Anggarannya memang belum ada, namun kita tampung lebih dulu, nanti pemerintah akan mempertimbangkan,” ujarnya. *dar

Komentar