nusabali

Pantarlih Polri ke Sipil, KPU Denpasar Gandeng Polresta

  • www.nusabali.com-pantarlih-polri-ke-sipil-kpu-denpasar-gandeng-polresta

DENPASAR, NusaBali.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggandeng Polresta Denpasar untuk melakukan pemutakhiran data pemilih (pantarlih) atas perubahan status anggota Polri menjadi sipil.

Kerja sama komponen pelaksana dan pengamanan pemilihan umum serentak tahun 2024 ini tidak terlepas dari nota kesepahaman yang sudah diteken kedua lembaga di tingkat pusat.

Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya membeberkan bahwa panitia untuk melakukan pantarlih tengah diseleksi secara administratif. Pada Minggu (5/2/2023) mendatang akan ditetapkan kepanitiaannya untuk selanjutnya dilantik pada hari berikutnya.

“Panitia Pantarlih 2024 ini bertugas melakukan pencocokan data secara langsung kepada calon pemilih. Apabila ada perubahan status dan data dari calon pemilih maka akan dimutakhirkan,” tutur Arsa ketika beraudiensi ke Mapolresta Denpasar pada Kamis (2/2/2023).

Kata Arsa, kolaborasi dengan kepolisian dalam melakukan pemutakhiran data ini sangat krusial. Salah satu aspek penting pelibatan Polri dalam hal ini jajaran Polresta Denpasar adalah pencocokan data perubahan status Polri dari non atau semi sipil menjadi sipil.

Pencocokan perubahan status dari pembekuan hak politik menjadi pembebasan hak politik untuk mantan anggota Polri ini dilakukan dengan menunjukkan surat keputusan pemberhentian. Data atas surat pemberhentian tersebut merupakan ranah lembaga kepolisian. Oleh karena itu, keterlibatan jajaran Polri di daerah sangat krusial terhadap pemutakhiran data calon pemilih.

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas selaku pimpinan jajaran Polri di ibukota Provinsi Bali tentu memiliki komitmen tinggi terhadap setiap proses Pemilu Serentak 2024. Kata perwira menengah dengan tiga melati emas di pundak, jajaran Polresta menjamin keamanan setiap tahapan pesta demokrasi yang sudah berjalan.

“Kami siap berelaborasi melakukan pengamanan pemilu. Di lapangan sendiri, kerja sama yang kuat sangat diperlukan antara panitia pemilu dan Bhabinkamtibmas kami,” tegas Yugo kepada jajaran KPU Kota Denpasar.

Mantan Kabagada Rolog Polda Metro Jaya ini berharap agar selalu terjalin komunikasi yang seirama dengan KPU Kota Denpasar ketika tugas pengamanan sedang berjalan. Hal ini diperlukan agar seluruh tahapan pemilu dan giat pengamanan berjalan sesuai prosedur operasional standar yang berlaku.

Hal senada pun diungkapkan oleh jajaran Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Denpasar, Sibro Mulissyi. Kata anggota KPU Denpasar ini, kolaborasi dan komunikasi yang baik dalam menyukseskan pemilu diharapkan sudah berjalan sejak tahap sosialisasi.

“Nanti dari Polresta Denpasar bisa ambil bagian dalam sosialisasi perkembangan terkini kamtibmas sedangkan kami menjalankan bidang penyadartahuan hal-hal terkait pemilu,” tandas Sibro. *rat

Komentar