nusabali

Disnaker Gianyar Gelar Pelatihan Buat Kue dan Roti

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-gelar-pelatihan-buat-kue-dan-roti

GIANYAR, NusaBali
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar menggelar pelatihan Berbasis Kompetensi MTU (mobile training unit) program pembuatan roti dan kue di Balai Banjar Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar, Rabu, (1/2).

Pelatihan pembuatan roti dan kue dibuka oleh Sekretaris Disnaker Gianyar, I Gede Daging. Kepala UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Disnaker Gianyar Ni Ketut Dani mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang terampil, terlatih, dan kompeten. Pelatihan membuat roti dan kue dilaksanakan selama 18 hari dengan 140 jam pelajaran. Peserta pelatihan sebanyak 32 orang. Seluruh biaya berasal dari Kementerian Ketenagakerjaan DIPA Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lombok Timur yang dituangkan dalam POK UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Kabupaten Gianyar tahun 2023.


Sekretaris Disnaker Gianyar I Gede Daging mengungkapkan, sesuai dengan tupoksi, pelatihan skill tenaga kerja ini dilakukan untuk mengurangi pengangguran di masyarakat. Di tahun 2023, terdapat 12 paket program yang dilakukan untuk meningkatkan skill tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Di antaranya pelatihan kopi barista, pelatihan roti dan kue (MTU), dan Tata Rias (Non Boarding) yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu di UPTD BLK Agrobisnis dan Industri.

“Satu tahun itu ada 12 paket, dari tahun ke tahun terus meningkat. Menyasar desa-desa yang punya potensi  untuk menghasilkan entrepreneur dan wirausaha yang andal,” paparnya.

Dengan keahlian yang didapat pada pelatihan ini diharapkan memberikan dampak dalam meningkatkan taraf perekonomian keluarga. “Ini salah satu program Bapak Bupati dalam mengurangi pengangguran di Kabupaten Gianyar,” kata Gede Daging. Para peserta yang mengikuti pelatihan dibekali dengan BPJS Ketenagakerjaan. *nvi

Komentar