nusabali

Pengusaha Rental Motor Diminta Lebih Selektif

Pastikan terampil mengemudi, pakai helm, dan kendaraan layak jalan

  • www.nusabali.com-pengusaha-rental-motor-diminta-lebih-selektif

GIANYAR, NusaBali
Satlantas Polres Gianyar meminta jasa usaha rental motor lebih selektif sewakan kendaraan kepada wisatawan asing.

Imbauan ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas (laka lantas) melibatkan warga negara asing. Kasus teranyar, turis asal Rusia, Marina Kostenko, 25, mengalami kecelakaan mengerikan, terjatuh ke jurang di Banjar Tegallantang, Ubud.

Kasatlantas Polres Gianyar AKP Muhammad Bhayangkara Putra Sejati memaklumi moda transportasi menjadi salah satu akomodasi penunjang pariwisata. Wisatawan yang berkunjung ke Bali sudah pasti berkeliling menikmati keindahan alam maupun kuliner. Demi menjaga keselamatan wisatawan, pengusaha rental harus memberikan sejumlah persyaratan dan edukasi pada wisatawan yang menyewa sepeda motor.

Wajib pakai helm dan punya SIM. "Banyak kami temui wisatawan berkendara tidak pakai helm, padahal pengusaha rental sudah berikan helm. Justru helm digantung di sadel. Nah itulah pentingnya wisatawan diedukasi untuk keselamatan diri," ujar AKP Muhammad Bhayangkara, Selasa (31/1).

Selain itu, pengusaha rental semestinya menyertakan STNK pada setiap sepeda motor yang disewakan. "Kebanyakan yang kami temui, penyewa diberi fotokopian STNK saja. Memang sebagai antisipasi tindak pidana, tapi kendaraan yang dipakai saat berkendara harus dilengkapi surat-surat," jelasnya.

Edukasi berkendaraan juga penting diingatkan kepada wisatawan. Memastikan wisatawan tersebut terampil berkendara dan menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. "Pengusaha rental perlu memastikan kemampuan mengemudi wisatawan. Bisa dicek dari kepemilikan SIM, kendaraan juga perlu dicek layak jalan atau tidaknya," tegas AKP Muhamad Bhayangkara. *nvi

Komentar