nusabali

Festival Imlek Bersama 2574 Memperkuat Kebersamaan di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-festival-imlek-bersama-2574-memperkuat-kebersamaan-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Perayaan Tahun Baru Imlek Tahun 2023 di Kota Denpasar berlangsung semarak di Jalan Gajah Mada Denpasar. Ribuan pengunjung antusias hadir di kawasan heritage Kota Denpasar tersebut.

Gelaran selama dua hari, 28-29 Januari 2023, diinisiasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali dan didukung Pemkot Denpasar.

"Ini adalah perayaan Imlek Toleransi untuk memperingati Tahun Baru Imlek. Festival ini merupakan keinginan kami dengan para pangelingsir dan tokoh masyarakat di Gajah Mada sejak 23 tahun lalu dan kali ini bisa terwujud," kata Ketua INTI Bali, Putu Agung Prianta didampingi Ketua Pelaksana Festival Imlek Bersama 2023, Paulus Herry Arianto.

Festival Imlek Bersama 2023 ini bertemakan Merajut Kebhinekaan Memperkuat Kerukunan. Bertujuan untuk memperkuat kebersamaan di Kota Denpasar dan merupakah akulturasi budaya Tionghoa dan Bali. 

Di sepanjang Jalan Gajah Mada Denpasar dihiasi Gapura khas China dan 1.200 lampion selama tiga  pekan sebagai bagian dari kemeriahan acara.

Rangkaian Festival Imlek Bersama dimulai dengan Parade Nusantara yang digelar pada Sabtu (28/1/2023) pukul 16.00 – 18.00 Wita di kawasan Jalan Gajah Mada - Catur Muka hingga Lapangan Puputan Badung.


Jumlah peserta lebih dari 1.200 orang mengadakan Parade Barongsai, Parade Wushu, Cosplay, Parade Busana Cheongsam, Barisan Nusantara, Reog Ponorogo dan masih banyak lagi lainnya. 

Selanjutnya pukul 18.00 Wita dilanjutkan dengan Panggung Nusantara yang digelar Sabtu (28/1/2023) dan Minggu (29/1/2023) dengan menghadirkan pengisi acara seru dan berbagai kompetisi untuk masyarakat berhadiah jutaan rupiah. 

Tak kurang 132 stand UMKM kuliner  turut memeriahkan event menyambut Tahun Kelinci Air ini. Stand kuliner yang disajikan, 70 persennya adalah stand kuliner khas Tionghoa.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi atas pelaksanaan Perayaan Imlek Toleransi dan Festival Inlek Bersama Tahun 2023 ini. Dimana, Pemerintah Kota Denpasar sangat fokus dalam merangkul keberagaman yang dapat memperkaya Kota Denpasar sebagai kota berbudaya dalam  spirit Vasudhaiva Kutumbakam atau Menyama Braya (persaudaraan) dan meneguhkan Denpasar sebagai Kota Toleransi. 

"Ini merupakan implementasi spirit kolaborasi dan toleransi dalam menjaga keberagaman, Berbagai kebudayaan dari etnis yang ada di kota Denpasar ini dapat semakin meningkatkan daya tarik pariwisata di Kota Denpasar sebagai upaya pemulihan ekonomi pasyarakat pasca pandemi Covid-19," ucap Jaya Negara sembari mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek bagi umat yang merayakan.*

Komentar