nusabali

Pemkab Bangli Tambah Rp 2 Miliar

Tingkatkan Fasilitas Drag Race di Landih

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-tambah-rp-2-miliar

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli tuntas membangun area drag race (lintasan balap) tahap I di Desa Landih, Kecamatan Bangli tahun 2022.

Tahun ini, Pemkab di bumi sejuk ini mengalokasikan anggaran untuk biaya penambahan fasilitas drag race. Rencananya, lintasan balap ini akan dibuat untuk road race. Kepala Dinas PUPR Perkim Bangli Dewa Ngakan Ketut Widnyana Maya mengatakan lintasan sudah tuntas dibangun. Tempat mulai bisa digunakan latihan atau turnamen secara terbatas. Rencana, jelas dia, drag race di Landih ini akan diresmikan pada 25 Februari 2023.  "Drag race ini untuk memfasilitasi masyarakat, terutama generasi muda yang berkecimpung di dunia otomotif," kata Dewa Maya, Selasa (31/1).

Guna melengkapi fasilitas drag race, tahun ini dialokasikan anggaran Rp 2 milliar. Fasilitas yang  akan dibangun berupa tribun, pedok, dan pagar. Seiring banyaknya masukan, direncanakan akan dilakukan pengembangan. Menurut pejabat asal Banjar Blungbang, Kelurahan Kawan, Bangli ini, anggaran tersebut untuk pelebaran lintasan. "Lintasan saat ini, baik panjang pun lebar sudah standar, namun akan dilakukan pelebaran lagi agar bisa menjadi lintasan road race. Tidak hanya drag race nanti juga bisa untuk road race," sebutnya.

Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bangli AA Gede Adi Suciata menyampaikan melihat ketersediaan lahan, lintasan drag race saat ini bisa dikembangkan untuk road race. Saat ini drag race masih perlu fasilitas penunjang terutama untuk keamanan pembalap dan penonton. Dia menilai drag race ini untuk menggali potensi atau bibit-bibit pembalap khususnya di Bangli. ‘’Yang tadi hanya sekadar hobi, bisa ditekuni. Bahkan target bisa bersaing di ajang resmi. Tidak lagi ada balapan liar di jalan raya. Setelah ini, fasilitas yang disiapkan pemerintah bisa dimanfaatkan," sambungnya.

Jelasnya, keberadaan drag race juga bisa untuk peningkatan sektor ekonomi, terutama bagi warga sekitar. Untuk peresmian drag race ini akan digelar turnamen yang akan menghadirkan pembalap se-Bali. Diperkirakan, akan ada ratusan pembalap yang akan terlibat. *esa

Komentar