nusabali

Pantai Jerman Diserbu Sampah Kiriman

  • www.nusabali.com-pantai-jerman-diserbu-sampah-kiriman

MANGUPURA, NusaBali
Sampah kiriman kembali menepi di Pantai Jerman tepatnya di depan lokasi Patung Triratna Amreta Bhuwana, Kecamatan Kuta, pada Selasa (31/1) pagi.

Sampah berupa plastik dan ranting kayu kembali menepi diperkirakan akibat hujan disertai angina kencang yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir. Kelian Adat Banjar Segara Kuta I Wayan Werka, mengatakan cuaca ekstrem berupa angin kencang terjadi sejak Senin (30/1) malam. Alhasil sampah kembali menepi di Pantai Jerman. Menurut dia, kondisi tersebut lumrah terjadi pada saat angin barat. “Sampah kiriman itu diperkirakan mulai menepi sejak Selasa pukul 03.00 Wita. Pasalnya kondisi angin kencang sudah mulai muncul sejak Senin malam,” kata dia.

Koordinator Evakuasi Dini Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung, I Made Gede Dwipayana, menegaskan telah mengerahkan dua alat berat dan 25 orang petugas kebersihan untuk menangani sampah kiriman tersebut. Total ada sebanyak 15 truk atau sekitar 30 ton sampah yang berhasil ditangani. “Tadi (kemarin) sudah kita kerahkan tim untuk penanganan. Cukup banyak sampah yang menepi,” katanya.

Diakui, sampah kiriman yang ditangani masih didominasi sampah organik berupa batang kayu dan ranting yang juga bercampur dengan sampah plastik. Semua sampah itu, untuk sementara kita kumpulkan dulu di titik yang tak jauh dari lokasi. “Kemungkinan Kamis (besok) ini akan kita angkut sampah yang terkumpul ke tempat pembuangan,” kata Dwipayana. *dar

Komentar