nusabali

Abrasi Pantai Tabanan Sepanjang 6,770 Kilometer

  • www.nusabali.com-abrasi-pantai-tabanan-sepanjang-6770-kilometer

TABANAN, NusaBali
Sepanjang garis pantai di Tabanan belum sepenuhnya terhindar dari abrasi. Total panjang pantai di Tabanan yang mengalami abrasi mencapai 6,770 kilometer.

Abrasi terparah ada di Pantai Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat dan Pantai Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan.  Berdasarkan catatan dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tabanan, pantai di Tabanan mayoritas terkena abrasi. Di Pantai Desa Selabih seluas 0,600 kilometer, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat sepanjang 1,353 kilometer, Desa Antap Kecamatan Selemadeg 0,397 kilometer, Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg seluas 0,20 kilometer. Di Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur 0,625 kilometer.

Lalu Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur seluas 0,225 kilometer, Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan 0,600 kilometer, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan seluas 1,430 kilometer. Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan 0,420 kilometer, Desa Pangkung Tibah, Kecamatan Kediri seluas 0,220 kilometer, Desa Belalang, Kecamatan Kediri 0,220 kilometer, dan Desa Beraban, Kecamatan Kediri seluas 0,5 kilometer.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan I Gusti Putu Ekayana menjelaskan data abrasi pantai di Tabanan sampai saat ini sepanjang 6,770 kilometer. Pantai yang abrasi rata-rata berada di 10 kecamatan. "Abrasi sudah kami tangani bersama,” kata Ekayana, Selasa (31/1).

Kata dia penyebab abrasi ini sebagian besar karena faktor alam. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Tabanan bekerjasama dengan pihak ketiga melakukan penanaman pohon. “Pohon yang kami tanaman itu jenis kelapa, ketapang, dan waru,” ucap Ekayana.

Dia menambahkan untuk pendataan abrasi di Tabanan belum dianggarkan. Pendataan dilakukan setiap 3 tahun sekali. “Kecuali dari BWS (Balai Wilayah Sungai) yang pendataan di-update setiap tahun," kata Ekayana.

Sementara mengenai anggaran pembuatan tanggul pencegah abrasi, diakui Ekayana untuk tahun 2023 tidak dianggarkan. “Untuk pembuatan tanggul tahun ini belum ada, kebetulan juga saya baru menjabat 5 bulan,” tegas mantan Kabag Perekonomian Pemkab Tabanan ini. *des

Komentar