nusabali

Kolonel Febriel Jabat Danrem 161/Wira Sakti

  • www.nusabali.com-kolonel-febriel-jabat-danrem-161wira-sakti

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto menyerahkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan Danrem 161/Wira Sakti kepada Kolonel Inf Febriel B Sikumbang, Selasa (31/1).

Upacara penyerahan jabatan yang di sertai dengan tradisi laporan korps itu digelar di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar.  Kolonel Febriel menduduki kursi jabatan Danrem 161/Wira Sakti setelah beberapa bulan dikendalikan oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 161/Wira Sakti Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi. Tugas Danrem dijalankan oleh Kasrem setelah Danrem sebelumnya Brigjen TNI Iman Budiman wafat akibat serangan jantung pada 14 November 2022.

“Saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam IX/Udayana kepada Kolonel Inf Febriel B Sikumbang beserta Istri sebagai Danrem 161/Wira Sakti dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana," ungkap Pangdam dalam sambutannya.

Pangdam meyampaikan, bahwa Korem 161/Wira Sakti wilayah teritorialnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki tanggung jawab untuk membina 14 Kodim dan melaksanakan Binterm. Pangdam meminta Kolonel Febriel untuk mewujudkan ketahanan wilayah di jajarannya serta mampu melaksanakan tiga metode Binter dan lima kemampuan teritorial.  

Selain itu, wilayah Korem 161/WS berbatasan darat langsung dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) serta mempunyai 4 pulau terluar yaitu Pulau Batek, Pulau Mengudu, Pulau Dana Sabu, dan Pulau Dana Rote. Sehingga Danrem 161/WS selaku Dankolakops Satgas Pamtas RI-RDTL dan Satgas Pam pulau terluar memiliki peranan yang sangat strategis.

Karenanya, Pangdam berharap keberadaan Korem 161/WS beserta jajarannya mampu menjaga stabilitas keamanan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, serta harus senantiasa mendukung Pemda dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan wilayah dalam upaya mengatasi kesulitan rakyat.

“Jangan pernah ragu untuk melanjutkan serta meningkatkan hal-hal positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya. Segera pelajari tugas, temukan terobosan dan gagasan baru serta berikan warna positif yang lebih segar bagi satuan guna meningkatkan kinerja sebagai komando kewilayahan,” tegas Pangdam. *pol

Komentar